Kakanwil Kemenkumham RI Sumut: Pers Berperan Penting Bagi Kemajuan Institusi

Kakanwil Hukum dan HAM RI Provinsi Sumut Jahari Sitepu, SH,MSi saat menerima kunjungan Pengurus IMO Indonesia Sumut. (Foto: Ist)

Medan-Intainew | Kakanwil Kemenkumham RI Provinsi Sumut, Jahari Sitepu, SH,MSi mengatakan, bahwa Pers berperan penting bagi kemajuan sebuah institusi atau lembaga, sehingga berbagai capaian tersebut dapat diketahui masyarakat lewat pemberitaan. Karenanya keberadaan media sangat penting dan strategis di era yang serba terbuka ini, sehingga tidak ada hal yang bisa disembunyikan lagi.

Pandangan ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Kakanwil Kemenkumham RI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat menerima audiensi Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Media Online (IMO) Indonesia Sumatera Utara, di ruang kerjanya Senin (26/2/2024).

Turut hadir beberapa pengurus DPW IMO Indonesia Sumatera Utara, di antaranya Ketua DPW IMO Indonesia Sumut H.A Nuar Erde, Sekretaris Fajar Trihatya, Wakil Ketua Harun Al-Rasyid, Amirsyam, Ridwan Naibaho dan Muhammad Isya.

"Kami berharap IMO Indonesia Sumut bisa menyajikan berita-berita yang bersifat konstruktif, bukan berita hoaks, di samping itu media atau pers berperan penting mencerdaskan masyarakat lewat sajian berita dan bagi kami setiap ada pemberitaan terkait di Kementerian Hukum dan HAM Sumut, kami akan sikapi jika berita tersebut benar adanya, sekaligus media sebagai sosial kontrol," ujar Kanwil Hukum dan HAM Sumut ini tegas.

Di samping itu Kanwil juga berharap, agar media benar-benar selektif dalam hal pemberitaan, agar tercipta suasana kedamaian di tengah masyarakat.

"Kami berharap IMO Indonesia Sumut mampu menyajikan berita yang bersifat informatif, mendidik sehingga masyarakat kita semakin tercerahkan, dan terhindar dari berbagai informasi tidak jelas atau hoaks yang hanya menciptakan kegaduhan di ruang publik. Sebab media terikat pada aturan yaitu UU Nomor 40/1999 Pasal 5 mengedepankan asas praduga tak bersalah, ini penting dipahami oleh seluruh awak media dalam hal pemberitaan," ujar Kanwil mengingatkan.

Sementara itu Ketua IMO Indonesia Sumut H.A Nuar Erde menyampaikan, bahwa keberadaan IMO Indonesia di Sumut merupakan tempat berhimpunnya para pemilik media, sekaligus sebagai wadah berkumpulnya para wartawan terutama media online.

"Di era digitalisasi, masyarakat membutuhkan sajian berita yang cepat atau real time menyangkut hal yang terjadi di sekitarnya, dan media online menjadi pilihan utama mereka dalam mengakses berita secara cepat, sebab kemajuan teknologi terutama informasi sangat penting diikuti dan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat akan sajian berita aktual," ujar H A Nuar Erde.

Di samping itu para pengguna smartphone lebih dengan mudahnya mengakses informasi tersebut kapan dan di mana pun berada.

"Kami berharap kerjasama dengan Kanwil Hukum dan HAM dapat ditingkatkan terutama tentang capaian yang diraih, sehingga publik mengetahui tentang berbagai hal termasuk soal layanan keimigrasian dan sebagainya secara utuh," ujar wartawan senior ini. * Int-My/ril


Lebih baru Lebih lama