Puslain UIN SU Gelar Seminar Internasional Bersama Konjen Amerika

Kapuslain UIN SU Prof Dr Ansari Yamamah, MA (kanan ujung) bersama Konsulat Jenderal Amerika. (Foto: Ist)

Tuntungan-Intainew | Pusat Layanan Internasional Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Puslain UIN SU) menggelar kegiatan Seminar Internasional bekerjasama dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika,  terkait Pola Pembelajaran Anak ataupun Pelajar dan Mahasiswa yang berkebutuhan Khusus (Difabel).

Seminar Internasional dengan tajuk Advancing Inclusive Education in Indonesian: Collaborative Problem Solving, Inclusive Actors and Deliverate Practice.

"Kegiatan ini merupakan kerjasama UIN SU dengan Konsulat Amerika tentang pendidikan Inclusive bagi anak berkebutuhan khusus, terkait metode pembelajaran bagi anak-anak difabel, dan narasumber yang hadir langsung praktisi dari Amerika Serikat yang menyampaikan strategi dan pola pembelajaran bagi anak-anak difabel, di hadapan para guru dari berbagai sekolah menengah atas di Kota Medan, dosen dan mahasiswa Tarbiyah UIN SU," ujar Prof Dr Ansari Yamamah, MA, kepada media, Rabu (13/12/2023) dari Kampus IV UIN SU Tuntungan.

Acara seminar internasional menghadirkan R. Dean Cloward, Ph.D dari Brigham Young University Idhaho USA sebagai narasumber. Hadir dalam acara ini Konsulat Jenderal Amerika di Medan Mr. Bernard Uadan, staf ahli Sosial Politik Konsul Mrs Rachma Juanita, juga Mrs Dian dari staf Kedutaan Besar Amerika Jakarta.

"Bagi UIN SU sendiri, kegiatan ini penting bagi peningkatan pemahaman dosen dan para guru sebagai penggerak atau role modelnya pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus, atau tepatnya Training of Trinee dan UIN SU segera dapat bekerjasama dengan Universitas di Amerika yang diharapkan difasilitasi oleh Konsulat Amerika," ujar Kepala Pusat Layanan Internasional UIN SU. 

Ditambahkan Founder Islam Transitif ini, acara seminar merupakan kerjasama Konsulat Amerika di Medan dengan UIN Sumut yang dikoordinasi oleh Puslain UIN Sumut lewat Kapuslain Prof Dr Ansari Yamamah, MA.

"Alhamdulillah pihak Konsulat Amerika juga mengangumi konsep gedung UIN SU Tuntungan yang lengkap dengan sarana dan prasarana difabel, bahkan beliau sangat setuju bahwa Kampus IV UIN SU sudah memenuhi kriteria sebagai Kampus internasional," ujar peneliti produktif UIN SU ini.

Di samping itu Prof Ansari juga menyampaikan terima kasih yang sangat spesial kepada pihak Regional English Language Office (RELO), Mrs. Ruth yang nantinya akan bekerjasama secara resmi dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU.

Hadir mewakili Rektor UIN SU yaitu Wakil Rektor IV Prof Dr Muzakkir, MA. Peserta lebih kurang 175 orang, terdiri dari Dosen, mahasiswa, guru, praktisi  Inclusive Education. Acara dilaksanakan di Ruang Perpustakaan UIN Sumut kampus IV Tuntungan. * Int-MY/ril

Lebih baru Lebih lama