Dr Nispul Khoiri Berikan Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Dosen Kopertais Wilayah IX Sumut


Medan-Intainew | Pemantapan nilai-nilai wawasan Kebangsaan bagi dosen dan tenaga kependidikan dilingkungan Perguruan Tinggi Islam Swasta (Kopertais) sangat penting untuk ditingkatkan, mengingat tantangan global yang sangat terbuka, tidak tertutup munculnya paham atau ideologi yang bertentangan dengan nilai Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Dr Nispul Khoiri, MAg pada kegiatan Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Dosen di Lingkungan Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara (Sumut), Rabu (6/12/2023) di Kampus I UIN SU Jalan Sutomo Medan.

Lebih jauh diingatkan Direktur Eksekutif Diagram Indonesia ini, perlunya pemahaman wawasan kebangsaan bagi dosen di lingkup Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara, agar terbangunnya pemahaman yang benar dan terhindar dari berbagai paham atau aliran yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinnekaan Tunggal Ika.

"Kegiatan hari ini penting dan strategis disampaikan kepada para dosen di lingkungan Kopertais Sumatera Utara, akan adanya ancaman paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila serta menguatkan semangat moderasi beragama yang terus di kembangkan, baik di lingkungan Kampus masing-masing dan masyarakat," ujar Datuk Cendikia Penata Raja ini tegas.

Kegiatan yang diikuti seluruh pimpinan Perguruan Tinggi Islam Swasta, dibuka Sekretaris Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara Dr Syawaluddin Nasution, MA dan dihadiri para undangan lainnya.

Di akhir pemaparannya Ketua LP2M UIN SU juga menyampaikan pentingnya menjaga dan memperkuat harmoni Kebangsaan Indonesia yang beragam ini, agar tidak terpecah belah karena ada perbedaan warna dan pilihan politik.

"Jadikan perbedaan itu sebagai rahmat, dengan saling menghormati perbedaan itu tanpa harus berkonflik, inilah indahnya berdemokrasi," tutur Dr Nispul Khoiri diakhir acara. * Int-MY/ril

Lebih baru Lebih lama