H Yasir Ridho Lubis: Jaga Integritas dan Independensi Membangun Pendidikan Anak Bangsa


Medan-Intainew | H Yasir Ridho Lubis, salah seorang tokoh pemuda Sumatera Utara (Sumut) mengatakan, UIN SU yang saat ini genap berusia 50 tahun, kelihatan semakin dewasa dan matang.

Di tengah persaingan global yang kian kompetitif, menuntut warga civitas akademika UIN SU agar bersiap menghadapi tantangan global, termasuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang yang unggul, serta alumninya yang memiliki kecerdasan intelektual.

Hal itu disampaikan tokoh pemuda Sumatera Utara, saat dimintai tanggapannya tentang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) yang kini genap berusia 50 tahun.

"Usia 50 tahun ini usia yang cukup matang, produktif dan lebih dewasa dan kita berharap UIN SU yang di usianya yang tidak muda lagi, mampu melakukan langkah-langkah percepatan guna menyongsong era globalisasi. Maka kualitas lulusannya harus mampu bersaing secara kompetitif, dengan meningkatkan kompetensi diri dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada," ujar H Yasir Ridho Lubis kepada media, Selasa (21/11/2023) di Medan.

Politisi Golkar ini juga melihat, bahwa perkembangan UIN SU yang luar biasa ini harus terus dijaga integritas dan independensinya dalam melahirkan sarjana-sarjana yang memiliki kemampuan akademik yang baik, sehingga mampu bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lainnya.

"Melihat perkembangan UIN SU yang begitu pesat, saya yakin warga Kampus UIN SU mampu bersaing dengan PTN maupun PTS yang ada di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia umumnya. Terbukti, para alumninya berkiprah di hampir semua jenjang baik sebagai akademisi, politisi, pengusaha, TNI Polri, dan tentunya para ustaz ataupun mubalig yang cukup dikenal luas. Inilah hal yang membedakan UIN SU dengan Perguruan Tinggi lainnya," ujar Caleg DPR RI dari Partai Golkar Dapil Sumut 1 ini.

Terkait rencana UIN SU mendirikan Fakultas Kedokteran, H. Ridho menyambut positif, bahkan mendukung rencana tersebut.

"Rencana pendirian Fakultas Kedokteran, tentu saya dukung, inilah yang ditunggu masyarakat Sumatera Utara, lahirnya Fakultas Kedokteran yang memiliki nilai-nilai keislaman, seperti beberapa UIN yang ada di Jakarta dan Jawa. Tentu ini lompatan yang besar dilakukan pimpinan UIN SU sekarang, di samping ada beberapa fakultas umum berbasiskan Keislaman yang sudah ada sebelumnya.

Kita berharap dan kita dorong semoga rencana Fakultas Kedokteran UIN SU segera terealisasi, tentunya ini bisa terwujud jika masyarakat mendukung, termasuk para politisi memperjuangkan ini di tingkat parlemen dan harus dikawal niat baik ini," ujar H. Ridho diakhir wawancara. * Int/ril

Lebih baru Lebih lama