8 Fraksi DPRD Kabupaten Labuhanbatu Setujui Perda APBD TA 2024


Labuhanbatu-Intainew | 8 Fraksi DPRD Kabupaten Labuhanbatu menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2024 menjadi Peraturan Daerah (Perda), setelah melalui proses pembahasan di Badan Anggaran (Banggar).

Persetujuan itu ditetapkan dalam sidang paripurna pada Jumat (21/11/23), di ruang paripurna kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Jalan SM Raja Rantauprapat, Kecamatan Rantau Selatan, Selasa 21 November 2023.

Anggota DPRD Fraksi Partai Golkar Truli Simanjuntak dalam laporannya membacakan, dalam pembahasan Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2024, Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) senantiasa menerima masukan dari berbagai komponen untuk menelaah dan mengoreksi item-item anggaran yang diusulkan oleh setiap OPD.

Banggar menyambut baik bahwa selama pembahasan Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2024, telah dilakukan secara terbuka dan transparan sehingga tidak jarang selama pembahasan terjadi silang pendapat. 

"Hal ini bukanlah satu hambatan, tetapi sebagai cambuk bagi kami untuk lebih mengedepankan kepentingan masyarakat," tutur Truli. 

Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga MKM dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPR, yang telah menyetujui Ranperda dimaksud. 

Menurut Bupati, setelah disetujui 8 Fraksi DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Ranperda tersebut selanjutnya disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dalam rangka evaluasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

"Dengan disetujuinya Perda tentang APBD tahun anggaran 2024, berarti kita telah menetapkan rancangan keuangan tahunan Pemkab Labuhanbatu yang merupakan instrumen dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dan penyelenggaraan pemerintah dalam satu tahun anggaran," katanya. 

Sidang Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj. Meika Riyanti Siregar, SH didampingi para Wakil Ketua dan dihadiri hampir seluruh anggota DPRD. Tampak hadir Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, Sekda Ir. Hasan Heri Rambe, para Asisten dan para Kepala OPD, serta undangan lainnya. * Int/ril

Lebih baru Lebih lama