Tiga Bulan Lebih Pasokan Air PDAM Tirtanadi Mati, Warga Jalan Gurila Menjerit

Warga Gang Mawar antri air bersih dari mobil tangki. (Foto: Ist)

Medan-Intainew | Sudah lebih tiga bulan pasokan air bersih dari PDAM Tirtanadi tidak mengalir ke rumah-rumah penduduk alias mati total, beberapa warga Jalan Gurila Medan khususnya yang berada di dalam gang seperti Gang Mawar mengalami nasib buruk.

Warga di seputaran Gurila sudah cukup kesal atas pelayanan buruk PDAM Tirtanadi Cabang HM Yamin, mereka berjanji akan ramai-ramai berunjukrasa ke kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi yang bersebelahan dengan Masjid Juang 45 itu.

Sudah berulang kali pihak Cabang PDAM Tirtanadi HM Yamin mengutus pekerjanya ke lokasi guna melakukan pengecekan pipa aliran air dan melakukan pembetulan, tetapi airnya tak kunjung mengalir ke rumah penduduk.

Bahkan, para pekerja lapangan itu tidak segan-segan minta uang kepada warga untuk memperbaiki jalur pipa yang berhubungan ke pelanggan sebesar 600 ribu rupiah, karena warga sangat berharap adanya pasokan air terpaksa dengan berat hati memberikannya. Kegunaan uang tersebut menurut pekerja lapangan itu untuk mengganti klep kecil.

Meski sudah dibayar, namun pasokan air PDAM Tirtanadi mati alias tidak juga mengalir ke rumah penduduk. Bahkan ada juga pekerja itu berani menawarkan Rp1,8 juta untuk membuat jalur pipa baru yang ditarik dari pipa besar agar pasokan air ke rumah bisa lancar. Karena merasa kemahalan, alhasil permintaan itu tidak dipenuhi warga.

Sejumlah warga Jalan Gurila, Gang Mawar, mengaku sudah berulangkali mendatangi kantor PDAM Tirtanadi Cabang HM Yamin hanya diterima keluhan, tetapi hasilnya tidak ada.

Terkadang pihak PDAM mengaku karena ada galian pembetulan parit di seputar Jalan Gurila yang menyebabkan banyak pipa yang terputus. Faktanya sulit diterima, sebab ada juga tetangga sebelah rumah airnya jalan atau mengalir, tetapi sebelahnya lagi tidak, ini kan aneh jawabannya, begitu kata seorang warga bernama Fauziah.

Kemarin itu sudah ada yang datang dari pihak PDAM memperbaiki pipa dari Jalan Pimpinan ke Gang Mawar, dan juga memperbaiki pipa dari Jalan Gurila ke Gang Mawar namun hasil nihil, kata Fauziah lagi.

Pekerja melakukan pemasangan pipa ke rumah warga. (Foto: Ist)

Pihak PDAM menyediakan air melalui mobil untuk warga Jalan Gurila, sehingga banyak warga dari beberapa gang yang ada menampung air tersebut dengan menggunakan berbagai wadah.

“Kasian kita lihat warga mengangkat air di bulan puasa begini dari Jalan Gurila ke gang rumah mereka,” begitu komentar Rasyid, seorang warga yang menyaksikan kejadian itu.

Pantauan wartawan di lapangan, Senin (18/3/2024), para warga yang berada di gang tersebut terpaksa memanfaatkan air masjid yang berada di dekat rumahnya untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan juga keperluan lainnya. * Int-MY/r

Lebih baru Lebih lama