Disinyalir Oknum Caleg "Bonceng" BAPALNAS Untuk Mendulang Suara

Pematangsiantar-intainews.com |

Salah satu Oknum Caleg diduga bonceng BAPALNAS (Bantuan Langsung Pangan Nasional) untuk Mendulang suara di Dapilnya. Puluhan warga datangi Kantor Lurah Bah Sorma.

Masyarakat di blok III, Kelurahan Bah Sorma, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, beramai - ramai mendatangi Kantor Lurah Bah Sorma.

Mereka menuntut pembagian Bantuan Langsung Pangan Nasional (BALPANAS) Secara merata, Rabu (7/2/2024).

Kedatangan puluhan warga ke Kantor Lurah Bah Sorma meminta penjelasan pihak Kelurahan khususnya Lurah Tagor Situmorang terkait pemberian surat pemberitahuan Bantuan Langsung Pangan Nasional (Balpanas) di Kelurahan Bah Sorma khususnya blok III, yang dibagikan oleh seorang calon legislatif (Caleg).

“Kami minta pembagian surat pemberitahuan ini dilakukan dengan transparan, agar tidak menimbulkan gejolak di tengah-tengah masyarakat,” protes warga.

Warga mengatakan bahwa surat pemberitahuan program pemerintah pusat yaitu Balpanas ini dibagikan oleh seorang caleg perempuan yang disebut-sebut berinisial N.

“Bantuan Balpanas ini berupa beras selama 6 bulan yang pengambilannya di kantor pos, kami minta jangan ada unsur politik, karena diketahui pembagian surat pemberitahuan tersebut dilakukan seorang caleg kepada warga. Kami menyayangkan kinerja Lurah, kenapa harus seorang caleg yang membagi surat pemberitahuan itu, seakan terkesan ada unsur politik,” protes warga.

Warga juga menyebut bahwa Lurah Bah Sorma juga telah mengambil alih surat pemberitahuan tersebut dari caleg berinisial N, usai diprotes warga. 

“Lalu kenapa setelah para warga protes barulah Lurah Bah Sorma Tagor Situmorang bertindak, dengan mengambil alih surat pemberitahuan tersebut dari Caleg N, kemudian Lurah yang langsung membagikan kepada warganya,” tanya warga.

Hal serupa juga dialami Suwardi warga blok III, dia mengaku bahwa telah mendapat surat pemberitahuan bantuan tersebut dari seorang berinisial M. Namun anehnya, pria berinisial M tersebut mengatakan bahwa bantuan Balpanas ini dari salah satu partai politik, sembari memberikan sebuah kartu nama seorang caleg.

Menanggapi hal ini, Lurah Bah Sorma saat diwawancarai wartawan membantah tudingan warga. Dia mengatakan tidak pernah menyuruh caleg berinisial N membagikan surat pemberitahuan tersebut, dengan tujuan agar warga memilih caleg tersebut.

Lurah Bah Sorma juga mengaku tidak mengetahui caleg berinisial N tersebut membagikan surat pemberitahuan Bantuan Program Balpanas kepada warga. * Int. RZ

Lebih baru Lebih lama