Diduga Pungli, 7 Ketua Kelompok PKH Dilaporkan ke Polres Pematang Siantar

















Ket. Foto : Irma Suryani Sitorus saat menyampaikan berkas laporan dugaan
Pungli, diterima lansung oleh petugas Banit SPK II Polres Pematang Siantar, J. Malau.

Pematang Siantar-Intainew.com |


Relawan Kelurahan Pematang Siantar melaporkan tujuh orang Ketua Kelompok PKH (Program Keluarga Harapan ) ke Polres Pematang Siantar. Laporan tersebut diterima lansung oleh petugas Banit SPK II Polres Pematang Siantar, J. Malau Sabtu 27 Pebruari 2024.

Laporan berbentuk surat dan satu buah plasdic diserahkan oleh Irma Suryani Sitorus sebagai mewakili para relawan yang datang ke Mapolres Siantar.













Irma Suryani Sitorus Koordinator Relawan Kelurahan Martoba Kecamatan Siantar Utara didampingi oleh Ngadirin yang juga Koordinator Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat, diikuti lebih kurang 50 relawan se-Kota Pematang Siantar.

Di tempat terpisah, kru Intainew.com mewawancari koordinator, Irma Suryani Sitorus mengatakan, isi laporan tersebut berupa dugaan pungli bantuan dana PKH, karena disinyalir diketahui pendamping SDM (Sumber Daya Manusia) PKH kelurahan.

Menurut Irma Suryani, dugaan tersebut didukung hasil investigasi TIM Relawan bersama Pemerintah Daerah, saat mewawancari beberapa KPM (Keluarga Penerima Menfaat) PKH, mengakui, para Ketua kelompok PKH melakukan pungutan liar kepada KMP-PKH setiap pencairan dana Bansos PKH, berkisar Rp20.000, sampai dengan Rp30.000 per KPM.

Nenurut Irma, disenyalir pungli tersebut sejak program PKH bergulir di Kota Pematang Siantar, tidak tertutup kemungkinan pendamping PKH Kelurahan mengetahui dan menikmati hasil pungli, tudingnya.

Tudingan itu bukan tidak beralasan dan bukti bukti sudah di pegang oleh Asisten, Inspektorat, Kadis Dianas sosial, beberapa Camat dan Lurah, antara lain, Camat Siantar Utara, Siantar Martoba, Siantar Marimbun dan Siantar Sitalasari.

Selain Pungli Bansos PKH, ungkap Irma, relawan juga melaporkan adanya indikasi pengancaman kepada KPM dan sembako yang dilakukan oleh SDM PKH, apa bila tidak mengikuti demontrasi di Balai Kota akan dicoret dari penerima bantuan selain itu adanya intimidasi SDM PKH terhadap operator Siks Ng Kelurahan Suka Dame, tambah Irma sesuai dengan bukti laporan tertulis yang disampaikan ke Polres Siantar.

Relawan juga melaporkan indikasi penggelapan dana bantuan KUBE Warung Jasa yang diglontorkan Kemensos tahun 2017 lebih kurang sebesar Rp30.000.000 per KUBE warung jasa. Sesuai data yang diinvestigasi sebanyak 10 (sepuluh) kelompok KUBE se Kota Pematang Siantar.

Relawan Kelurahan se Kota Pematang Siantar sebanyak 212 orang yang diwakili Irma Suryani Sitorus dan Ngadirin meminta kepada Kapolres Pematang Siantar untuk segara menindaklanjuti  laporan tersebut, tutup Irma. Int - Tim
Lebih baru Lebih lama