Tanggul Sungai Kualuh Jebol, Rumah Warga Roboh Terbawa Arus

Labura-Intainew.com :

BERAWAL JEBOLNYA TANGGUL sungai Kualuh dihantam arus banjir Sungai Kualuh Kecamatan, Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhan batu Utara, (Labura) Provinsi Sumut, sejak Minggu pagi sampai hari ini Kamis (18/11/2021). Satu rumah semi semi permanen hanyut terbawa arus sungai.

Rumah warga yang berada di dusun kampung selamat Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan tersebut terbawa arus sungai yang meluap sejauh 7 meter.

Saat awak media, menemui Edis Tambunan (36) korban banjir mengatakan, Kejadian itu bermula akibat dari hujan deras sepekan terakhir di hulu sungai dan meluapnya sungai kualuh sehingga tanggul penahan air sungai kualuh tak mampu menahan tekanan air hingga jebol.
Tepatnya, di dekat pemukiman warga dusun kampung selamat.

“Kejadian sekira pukul 19.30 wib, waktu itu kami berada dalam rumah dan tiba tiba ada bocor ditanggul bawah, semakin lama semakin besar sehingga membuat tanggul jebol dan air sungai langsung menghantam rumah saya “ucap Edis Tambunan.

Karena air datang secara tiba-tiba saya dan keluarga langsung berlarian ke benteng untuk menyelamatkan diri, sehingga tidak sempat menyelamatkan harta benda,” katanya.

Edis Tambunan juga mengharapkan bantuan dari Pemerintah baik dari Pemerintahan Desa maupun Pemerintah Kabupaten agar beliau dan keluarganya bisa punya tempat tinggal sementara.

Kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, karena penghuni sudah bisa menyelematkan diri sebelum hanyut, namun, para pemilik rumah saat ini diungsikan ke lokasi aman, karena sudah tidak memiliki tempat tinggal lagi, kerugian diperkirakan sekitar ratusan juta rupiah. Inc.Mjs

Tonton vedio Banjir Labura di Youtube, Clik intai new.