Sabam Sirait Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional-RI

Siantar-Intainew.com :

WALI KOTA PEMATANGSIANTAR Dr H. Hefriansyah SE. MM menghadiri acara pengusulan Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional Republik Indonesia Selasa, (07/12/21) di Hotel Sapadia Kota
Pematangsiantar.

Walikota Pematangsiantar dalam sambutannya, mengatakan, bahwa nama Sabam Gunung Pinangian Sirait atau yang lebih dikenal dengan Sabam Sirait sudah tidak asing lagi.

Meskipun lahir di Pulau Simardan Tanjung Balai, namun beliau dan keluarganya pernah menetap di Kota Pematangsiantar, sehingga beliau memiliki rekam jejak di kota dengan motto Sapangambei Manoktok Hitei ini,

Sabam Sirait dikenal sebagai Seorang Nasionalis Tulen, tegas, jujur, dan bersahaja. beliau juga konsisten dalam perjuangan dan sebagai sosok teladan bagi masyarakat Indonesia.

Kiprah politik Sabam Sirait selama empat periode menjadi anggota DPR RI sangat konkrit dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Beliau sangat vokal dan terarah menyalurkan aspirasi masyarakat di lembaga DPR RI serta tidak pernah terimbas perselisihan politik ataupun cacat karir.

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar sangat mengapresiasi dan mendukung rencana pengusulan Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional Republik Indonesia sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku,” ucap Hefriansyah.

Besar harapan kami, pengusulan tersebut segera diajukan ke Pemerintah Republik Indonesia, sehingga bisa secepatnya diproses dan diterima. Dengan demikian akan menambah jumlah Pahlawan Nasional yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara, terlebih yang pernah tinggal di Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini.

“Harapan saya kepada para peserta seminar ini, agar memberikan ide dan sumbangsih serta pemikiran sehingga pengusulan Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional bisa disegerakan,” ujarnya

Dia juga mengatakan, bukan tidak mungkin, saat peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022, Pemerintah Republik Indonesia langsung mengangkat Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional, yang tentunya akan sangat membanggakan kita semua.

Selaun ituWalikota juga menyampaikan ucapan terimakasih atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pematangsiantar kepada panitia dan pihak-pihak yang telah menyelenggarakan seminar ini.

“Selamat dan sukses atas acara seminar hari ini, semoga bisa memberikan pencerahan kepada kita semua, dan turut dalam upaya mewujudkan Kota Pematangsiantar yang mantap, maju, dan jaya,” tutupnya.

Hadir dalam acara seminar, Ketua Umum Panitia Dr.RE.Nainggolan, Ketua Pelaksana Jhon Eron Lumban Gaol, SE, Penasehat Pdt R. Bambang Jonan, Kaban Kesbangpol Sofie Saragih, S,STP, Staf ahli Drs Daniel Siregar. Inc.01