Polres Labuhanbatu Gulung Sindikat Narkoba Antar Provinsi

Labuhanbatu-Intainew.com :

KAPOLDA Sumatra Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak MSI Didampingi Pangdam I/ Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanuddin SIP MM,Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan SIK MH,dan PJU Polres Labuhanbatu melakukan konfrensi pers pengungkapan kasus tindak pidana narkotika jenis Sabu dan Pil ekstasi yang digagalkan Polres Labuhanbatu,Jum’at (18/6/21) Pukul 17.00 Wib.

Kapolda mengatakan,pengungkapan kasus ini pada hari Senin (14/6/21) Sekira Pukul 09.30 Wib,Berdasarkan Informasi yang diterima dan hasil penyelidikan,Ada seseorang mengangkut dan membawa Narkotika jenis shabu dan akan melintas di jalan Lintas Sumatra dari arah Tanjung Balai menuju Provinsi menggunakan mini bus Suzuki Apv Silver stone.

“Di Pos Polisi Beluhur Kabupaten Labusel,saat dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan tersangka,petugas menemukan 3 buah Tas,saat diperiksa berisi 60 bungkus besar shabu setara dengan 60 Kg,dan 2 kotak berisi 2000 butir pil ekstasi.”Papar Kapoldasu.

Dari hasil pendalaman lanjut Kapoldasu,RA alias Ipin mengaku membawa narkoba dari Kota Tanjung Balai atas perintah IB untuk dibawa ke daerah Riau.”Ipin mengaku diongksin 10 juta dalam pengiriman narkotika” Sebut Kapoldasu.

Kemudian Tim melakukan pengejaran kepada pemasok barang haram tersebut ke Tanjung Balai,di rumah saudara IB ditemukan seorang wanita NR alias Ita yang kemudian diketahui istri dari IB,saat dilakukan penggeledahan di rumah tersebut penyidik menemukan ATM dan Buku Rekening serta 3 buah kaca pirex dan satu buah plastik klip berisi kristal.

“2 ATM dan 3 Buku rekening yang ditemukan atas nama NR alias Ita,FZ,dan HM, FZ sendiri adalah ibu dari tersangka Ipin dimana buku tabungan tersebut berisi uang sebesar kurang lebih Rp.324 juta.” Tambah Kapolda.

Lanjut Kapolda Kuat dugaan dan akan terus kita dalami,uang yg ada di buku tabungan FZ (Ibu tersangka ipin) adalah uang yang dipersiapkan untuk tersangka ipin sebagai upah dalam membawa narkoba ke Provinsi Riau.

“Itu berdasarkan uang yang ada di buku tabungan tersebut yang ditemukan di rumah IB,apa hubungan antara FZ (ibu tersangka Ipin) dengan IB sehingga bisa menerima uang sebanyak itu,ini akan terus kita dalami,” Tambah Kapoldasu.

Berdasarkan penggeledahan dan penyelidikan di rumah saudara IB,maka NR alias Ita diamankan oleh penyidik,karena saat di test urine positif menggunakan ampetamin .

Pasal yang sangkakan kepada kedua tersangka Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 undang undang RI NO 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman 6 sampai 20 tahun, termasuk juga Pidana Mati dan Hukuman Seumur Hidup, selain pasal Narkotika Kepada NR alias Ita (istri IB) juga diterapkan Undang – Undang tentang Pencucian Uang. Inc.MJs