Pj Kesling Dinkes Sumut, Stop BAB di Sembarangan Tempat

Langkat-Intainew.com : Stop Buang Air Besar (BAB) atau kotoran disembarang tempat, selain kurang baik bagi kesehatan juga mengusik tatanan peradapan etika dan estika lingkungan.

Aroma yang terkandung /tersebar tidak menyehatkan dan terkesan kurang etis terhadap lingkungan. Jangan anggap hal demikian sepele dan remeh.

Demikian ditegaskan penanggung jawab kesehatan lingkungan dinas kesehatan Provinsi Sumut, Linda Kristina Bangun SKM MKes saat menjadi nara sumber pada Sosialisasi percepatan Open Defecation Free (ODF) UPT Puskesmas Bahorok dan Bukit Lawang, Kamis, 12/11/2020 diaula kantor camat Bahorok.

Menurutnya Faktor penyebab BAB sembarangan dimasyarakati meliputi kediaman dekat dengan sungai, tidak memiliki modal membangun fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK,) serta tidak ada fasilitas air.

Dalih dimaksud menjadi latar belakang sehingga masyarakat kurang peduli terhadap limbah pribadi urainya. Daerah tujuan wisata seperti Bukit Lawang yang telah tersohor ke penjuru manca negara selayaknya hal demikian tidak lagi ditemukan.

Namun realita lapangan untuk daerah Kecamatan Bahorok masih ditemukan masyarakat melakukan BAB sembarangan tempat. Begitu juga daerah lain di sumut masih ditemukan hal serupa tandasnya.

Selama ini, Program pembangunan kesehatan masyarakat terkesan terabaikan. Minim sentuhan ketersediaan anggaran sehingga berbeda dengan pembangunan fisik.

Namun saat ini telah menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat sehingga kedepan kesehatan lingkungan masyarakat semakin terjamah dan membaik.

Dihadapan peserta terdiri dari kepala desa, tokoh masyarakat dikatakannya dampak sanitasi buruk, bisa mengakibatkan bayi meninggal, terserang diare, Stanting tinggi secara nasional disamping hal yang lain.

Pemerintah desa dibantu Bhabinsa dan Bhabinkantibmas serta bidan desa berperan merubah pemahaman masyarakat terhadap kesehatan lingkungan (kesling)

Tidak boleh dibiarkan berlarut namun bergerak cepat dan agresif sehingga program kesling masyarakat tidak jalan ditempat ujarnya semangat.

Hadir saat kegiatan itu, Wakapolsek, IPTU M Isa, Batuud Koramil 06. Peltu Iswanto, Kepala seksi Tata Pemerintahan (Tapem) Andri Anshari Tarigan.

Turut hadir Kesling Puskesmas Bukit Lawang, Mariati Kacaribu dan Yan Ricardo Barus serta petugas kesling Puskesmas Bahorok Bagus.Inc.Gin.