Petani Sawit Temukan Patung Saat Bersihkan Ladang

Labura-Intainew.com :

SEBUAH PATUNG diduga arca ditemukan secara tak sengaja oleh sepasang suami istri (pasutri) petani sawit di Desa Meranti Omas Kecamatan Na IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara, (Labura) Provinsi Sumut.

Patung yang menyerupai Arca itu, ditemukan Rabu (29/09) sekira pukul 17.30 Wib. Belum diketahui apakah benda itu merupakan peninggalan zaman prasejarah atau hanya menyerupai.

“Patung itu tak sengaja saya temukan dengan suami ketika menanam pohon sawit di ladang kami, saat saya berjalan dari atas bukit menuju ke bawah terus saya melihat patung ini tergeletak di antara akar pohon yang tercepit bekas terbakar,” kata Sabariah br Harahap, kepada wartawan, Jumat ( 01/10/2021).

Warna patungnya hitam kecoklatan, karena kemungkinan terbakar saat membersihkan ladang untuk bercocok tanam padi, tambah Sabariah kepada wartawan di lokasi perladangan mereka.

 

Selanjutnya Sabariah Br. Harahap (38)memberitahukan kepada suaminya.. Mendengar ada patung tergeletak, Darpin Ritonga suaminya langsung bergegas melihat dan langsung memindahkan patung tersebut ke tempat yang lebih datar dengan posisi di tancapkan, karena posisi patung tersebut berada di perbukitan di tepi jurang.

Menurut Sabariah, benda yang ditemukan ini berbentuk patung berwajah manusia dengan ketinggian sekitar 1 meter dan berat lebih kurang 50 kg berwarna kecoklatan akibat tertimbun di tanah kemungkin dengan waktu yang cukup lama, jelasnya. Inc.Mjs