Pensiunan PTPN 2 Datangi LBH Medan Minta Suarakan Hak Penguasaan

Medan-Intainew.com :

BELASAN keluarga pensiunan PTPN 2 mengadukan nasib ke LBH Medan Jalan Hindu Medan, Senin (11/1/2021) pagi.

Kedatangan mereka untuk meminta bantuan menyuarakan hak sebagai penguasaan bangunan dan lahan yang mereka tempati puluhan tahun.

Mereka mempertanyakan nasib mereka, karena, adanya kebijakan pihak PTPN 2 yang diduga tempat tinggal yang sudah puluhan tahun ditempati, telah diserahkan dengan pihak mengembang.

Hal ini menjadi polemik di masyarakat yang tinggal di jl Melati/ Karya Ujung Helvetia Deli Serdang khususnya.

Dalam kunjungan keluarga pensiunan tersebut menyampaikan aspirasi tentang lahan yang mereka tempat saat ini mulai tidak nyaman.

Hal ini disampaikan sebut saja Marsidi (64) menjelaskan bahwa ada 11 KK yang menyampaikan aspirasi ke LBH Medan.

“Kami sudah menempati rumah dan lahan itu sudah cukup lama,” ujarnya kepada awak media.

Mereka juga mengatakan Persoalan ini sudah tahunan menjadi polemik di lahan mereka. Beberapa instansi sudah mereka ajukan bahkan sampai ke Presiden Jokowi dan pihak terkait agar persoalan lahan ini bisa selesai.

“Kami sudah layang surat ke Bapak Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati dan DPRD tingkat 2,” jelasnya.

Kasus lahan yang mencuat sejak tahun kemarin namun belum ada titik terang, maka kedatangan umumnya para janda eks karyawan akan memberikan kuasa atau perlindungan hukum kepada LBH Medan untuk menyelesaikan persoalan ini.

M. Alinafiah Matondang, SH, M.Hum selaku koordinator mengatakan bahwa saat ini sudah ada indikasi penguasaan fisik lahan dengan adanya pos petugas yang didirikan.

“Informasi dari masyarakat yang ada, saat ini sudah ada oknum petugas yang menjaga lahan tersebut,” paparnya.

Kedatangan warga ke kantor LBH Medan jalan Hindu Medan, membuat sedikit kemacetan. Namun itu tidak berlangsung lama karena masyarakat yang datang masih berjumlah belasan orang. Inc.Joss