Pemkab Paluta Bersama Forkopimda Salurkan BLT Secara Simbolis

Bupati Paluta Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si besama Unsur Forkopimda saat menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) secara simbolis kepada warga penerima BLT.foto/ist.

Gunung Tua-Intainew.com : Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Sosial menyalurkan Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Lapangan Alun-Alun Kelurahan Pasar Gunung Tua Kecamata Padang Bolak, Rabu (26/8).

Dana yang disalurkan kepada warga pemerima JPS, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paluta.

Kepala Dinas Sosial Paluta Ongku Bangsawan Hasyim S.Sos dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) ini untuk meringankan beban keluarga yang terdampak Covid-19.

“Bantuan ini juga tidak diberikan kepada pemilik UMKM yang menerima bantuan dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Dan juga warga penerima BPNT, PKH, BST, kartu prakerja dan penerima BLT Dana Desa,” terangnya.

Adapun besaran dana bantuan sosial tersebut sebesar Rp.600 ribu setiap bulan selama 3 (tiga) bulan dengan total Rp1.800.000,-per-Kepala Keluarga.

Lebih lanjut. Kadis menambahkan, penetapan data calon penerima bansos yakni usulan bansos keluarga terdampak Covid-19 dari kades/lurah dilakukan sanding data oleh perangkat daerah terkait agar tidak ada penerima bantuan ganda berdasarkan data nomor KK, NIK dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Paluta.

“Penyanding data juga dilakukan dengan penerima bantuan program Kemensos RI, pra kerja dan BLT DD, serta dilakukan juga verifikasi dan validasi oleh tim verifikasi yang dikoordinir oleh kepala Dinsos Paluta, yang hasil sanding data ini menjadi dasar utama untuk penetapan penerima bantuan,” jelasnya.

Bupati Paluta dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyaluran BLT dari APBD Paluta ini merupakan bentuk perhatian dari Pemkab Paluta terhadap warganya yang terdampak Covid-19.berupa bantuan langsung tunai (BLT) yaí Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paluta

Dikatakannya, masa pandemi Covid-19 diprediksi masih lama. Karena itu ia berharap agar warga menggunakan uang ini sehemat mungkin. Ia juga mengingatkan agar warga melaporkan apabila nantinya ada petugas yang melakukan pemotongan terhadap bantuan ini, agar segera ditindak lanjuti dan diberi sanksi terhadap oknum petugas tersebut.

Pada kesempatan itu Bupati Paluta juga berpesan kepada warga agar bersama- sama mematuhi protokol kesehatan pake masker dan rajin cuci tangan.
Inc – Lin