Pembalakan Liar di Labura Kian Marak, Hutan Desa Poldung Berpotensi Gundul

Labura-IntaiNew.com : Kondisi hutan di wilayah Desa Poldung, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara diperkirakan makin memprihatinkan.

Pasalnya, aktifitas pembalakan hutan liar hingga cukong kayu tanpa dokumen itu semakin merajalela, bebas menjalankan aktifitasnya.

Salah seorang warga mengatakan, aktifitas illegal logging atau pembalakan liar di hutan Desa Poldung itu terkesan dilegalkan. Aktifitas terang- terangan dan terkesan tidak ada tindakan dari pihak Aparat terkait di Kabupaten tersebut.

“Penebangan kayu dan pencurian kayu di hutan menjadi semakin semena mena Apabila hal ini dibiarkan berlangsung secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan hutan,” kata Herwin, kepada wartawan Rabu,(23/9/2020).

Dikatakannya, kayu bulat ditebang dan diolah menjadi bahan jadi seperti papan dan broti, setelah itu dijual ke konsumen.

“Anehnya, tanpa memiliki dokumen kayu ilegal itu bebas dijual sama konsumen, padahal truck colt diesel pembawa kayu itu melintas di Jalinsum Labura”, katanya.

“Saya minta penegak hukum maupun pihak terkait segera mengambil tindakan, kepada pelaku illegal logging itu, karena perambah hutan liar maupun praktik illegal logging itu sudah betentangan dengan Undang Undang yang berlaku ” pintanya.

Dikatakan Ewin rasa kecurigaan, besar kemungkinan para pelaku praktek illegal logging ini, kuat dugaan telah mengadakan koordinasi atas kegiatannya itu terhadap pihak terkait.

“Mustahil, pihak berwenang tidak meilihat mobil truck colt diesel yang membawa hasil kayu curian itu di pasar lintas menuju kilang atau panglong di jalan lintas,” katanya. Inc.Mjs.