Pangdam I/BB Ziarah Makam Sisingamangaraja dan Silaturahmi Forkopimda Toba

Toba-Intainew.com : Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Irwansyah dan Nyonya Hj. Neneng Irwansyah dalam lawatannya ke kabupaten Toba di sambut oleh Bupati dan jajaran Forkopimda, Tokoh Adat dan tokoh agama, Kamis (6/8/2020).

Sebagai bentuk penghargaan kepada Pangdam dan rombongan, Darwin Siagian didampingi sejumlah pejabat daerah, sekaligus mangulosi Mayjen Irwansyah dan Nyonya Hj. Neneng Irwansyah.

Dalam acara silahtutahmi Pangdam I Bukit Barisan dengan Forkopimda serta tokoh adat dan tokoh agama, Pangdam Irwansyah menyampaikan salam dan ucapan terimakasih atas sambutan oleh Pemkab Toba dan jajarannya.

Sebelumnya, Pangdam beserta rombongan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Raja Singsingamangaraja XII di Pagar Batu Kecamatan Balige, didampingi Danrem 023 Kawal Samudra Kolonel Inf Fabriel Buyung Sikumbang, Bupati Toba Darwin Siagian.

 

Pangdam dan rombongan disambut penjaga Makam Raja Sisingamangaraja XII, Pintar Sinambela, dan memberi berbagai penjelasan tentang bagaimana sejarah dari Raja Sisingamangaraja  dalam perang bergerilya melawan penjajah hingga tewas dan dimakamkan

Sinambela juga menjelaskan bahwa di Komplek Makam Raja Sisingamangaraja tertera nama-nama  berbagai keluarga termasuk 2 orang putra, yaitu Patuan Nagari dan Patuan Anggi serta putrinya bernama Lopian.

Usai melaksanakan ziarah rombongan Pangdam mendapat arahan untuk menuju Rumah Dinas Bupati mengikuti acara jamuan makan bersama.

“Daerah Toba ini saya melihat sendiri bagaimana keindahan danau Toba yang telah diberikan Unesco sebagai Global Geofark maka marilah kita lesrarikan dan kita jaga keindahan alamya, dan apabila kita menjaga alam pasti alam juga menjaga kita”,” katanya.

Selain itu, Pangdam juga menyoroti beberapa lokasi di seputar Danau Toba, dari penyusutan air danau,longsor beberapa tempat,”saya melihat bahwa masih ada longsoran di beberapa tempat juga permukaan air danau toba terus menurun tajam, saya harapkan bahwa pengerusakan hutan, penebangan kayu di sekitar pinggiran danau toba jangan lagi ada,” ujar Pangdam.Inc-TIM.