Pak Gatot Kenapa Ya? Gak Datang ke Istana

(Foto-ist)

Intainew.com: Dari sederetan tokoh yang hadir untuk menerima tanda jasa Bintang Mahaputera, yang diserahkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/10/2020), Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo tak kelihatan.

Padahal menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, nama mantan Panglima TNI itu tertera sebagai salah seorang tokoh yang menerima penghargaan pemerintah tersebut.

Berbagai kalangan bertanya-tanya, kemana gerangan Pak Jenderal yang ramah namun tegas itu. Namun begitu pun menurut Mahfud MD, sang tokoh tetap mendapatkan kendati ia tidak hadir di Istana Negara.

Sementara menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono yang sempat dihubungi wartawan menyebut Gatot tak mendapat Bintang Mahaputera karena telah bersurat kepada Presiden Jokowi dan tidak hadir di hari penganugerahan.

Jaga Jarak

Sementara tanggapan lain muncul terkait ketidakhadiran Gatot. Seperti diungkapkan Wakil Ketua MPR dari Fraksi PPP Arsul Sani sebagaimana dilansir dari okezone.com mengatakan, penghargaan tersebut merupakan hak warga negara yang oleh pemerintah dinilai layak untuk mendapatkan Bintang Mahaputra.

“Untuk menerima atau menolak, itu haknya dia. Jadi kalau Pak Gatot tidak bersedia menerima itu apapun alasannya, ya itu haknya,” kata Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dijelaskan Arsul, ketidakhadiran Gatot Nurmantyo ke Istana bukan merupakan persoalan yang perlu untuk dipersoalkan.

“Hanya Gatot yang mengetahui persis alasan dirinya tidak datang ke Istana. Bisa jadi dari sisi positioning politiknya, Pak Gatot ingin tetap mengambil jarak dengan katakanlah pemerintahan,” terangnya.

Hal itu bukan menjadi persoalan ketika Gatot ingin menjaga jarak. Dan menurutnya, itu juga tidak perlu dianggap sebagai tamparan bagi Istana. Inc-02