(Foto-ist)

Intainew.com: Pahlawan zaman dulu berperang mengusir penjajah dengan kobaran semangat dan rela mengorbankan jiwa raganya demi meraih kemerdekaan negara Indonesia. Siapa dan apa yang dilakukan pahlawan masa kini?

“Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan bangsa sendiri,” ungkapan Bung Karno tentang perjuangan pahlawan.

Mungkin, hari ini kita masih bingung memaknai ungkapan tersebut. Sulit dibayangkan ketika zaman yang serba mudah ini malah membuat para pahlawan masa kini lebih sulit berperan. Dan yang menjadi pertanyaan kenapa melawan bangsa sendiri? Kadang, memang tanpa kita sadari kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan saat ini justru membuat kita terlena dan bahkan membuat kepekaan kita terhadap keadaan lingkungn sekitar redup.

Maksud melawan bangsa sendiri, mungkin melawan hawa nafsu diri sendiri dan melawan mereka-mereka yang dikuasai hawa nafsunya untuk mencapai apa yang diinginkan dengan segala cara, seperti menduduki sebuah jabatan atau dalam memperoleh kekuasaan. Hal itu mungkin yang menjadi alasan bung Karno memberikan ungkapan tersebut. Kembali ke topik awal, mari kita mencari tahu siapa dan apa yang dilakukan para pahlawan saat ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.

Jika kita memaknai kata pahlawan menurut KBBI, kata kuncinya adalah orang yang menonjol karena membela kebenaran dan pejuang yang gagah berani.

Menonjol karena membela kebenaran, kata tersebut jika kita mengamati orang disekitar kita yang mencerminkan kalimat tersebut, apakah para mahasiswa dan aktifis-aktifis yang berteriak dengan lantang dan siap turun ke jalan pasang badan untuk membela kebenaran karena menganggap hukum di Indonesia adalah tumpul ke atas dan tajam ke bawah bisa disebut pahlawan? Ataukah para politikus yang mengatasnamakan wakil rakyat, sering terlihat berdebat dengan keras menuntut keadilan dan kesejahteraan rakyat katanya, juga bisa disebut pahlawan masa kini?

Sedangkan pejuang yang gagah berani, apakah para tokoh-tokoh yang memiliki badan gagah dan berani yang kerap kali mengkritik kebijakan pemerintah karena menilai hukum di Indonesia tumpul ke atas dan tajam ke bawah bisa disebut sebagai pahlawan masa kini? Atau mereka yang berjuang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional baik dalam bidang olahraga, keilmuan dan sebagainya juga bisa disebut sebagai pahlawan masa kini?

Pahlawan masa kini jika kita cermati dari ungkapan dan pengertian diatas adalah mereka yang berjuang demi menegakkan kebenaran dan memiliki mimpi besar untuk masa depan Indonesia meskipun yang dilakukan sekarang terlihat kecil dan sepele, tetapi asalkan memiliki dampak positif ke orang banyak mereka sudah bisa disebut sebagai pahlawan masa kini.

Jika memahami dari makna pahlawan, maka yang dilakukan pahlawan masa kini seperti mereka yang bersuara lantang dengan tujuan membela kepentingan rakyat, yang berjuang menegakkan kebenaran. Mereka yang bisa disebut sebagai pahlawan saat ini adalah mereka yang berbuat nyata, positif, dan dapat berdampak besar bagi banyak orang untuk hari ini dan masa mendatang. (Dikutip dari Unairnews). Inc-02.