Operasi Gabungan PPKM Berbasis Mikro, Penekanan Penyebaran Covid-19

Siantar-Intainew.com :

PEMERINTAH Kota Pematangsiantar menggelar Operasi Gabungan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berbasis mikro, Sabtu (22/05/2021) mulai pukul 21.00 Wib s/d selesai.

Operasi Gabungan PPKM ini di pimpin langsung Kasat Pol PP Kota Pematangsiantar, Drs. Robert Samosir didampingi Sekretaris BPBD Edi Sutrisno, SH, Kasi Ops dan Kabag Reskrim Polresta Kota Pematangsiantar di Ikuti Perwakilan dari TNI, Dempom, Polri, Satpol PP, BNPB, DisKominfo dan Prokopim.

Menurut Drs Robert Samosir selaku Pimpinan Operasi mengatakan kegiatan ini adalah implementasi dari Surat edaran Walikota Pematangsiantar Nomor 440/2240/V/2021 tentang PPKM.

Lebih lanjut dikatakannya, Khususnya butir ke 5, yaitu pembatasan jam operasional sampai pukul 21.00 Wib terhadap Usaha Club’ malam, Diskotik, Pub/musik hidup, Karaoke (umum maupun Keluarga), Bar/rumah minum bola gelinding, bola sodok, arena permainan ketangkasan, griya pijak, Spa, dan mandi uap.

“Operasi ini merupakan bentuk Komitmen Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam penekanan Penyebaran Covid-19 di Kota Pematangsiantar dan guna mewujudkan Siantar bebas Covid-19,” ujarnya.

Operasi PPKM akan dibagi menjadi 4 tim, masing-masing tim melaksanakan operasi masing-masing pada 2 Kecamatan. Tim diberangkatkan pada Pukul 21.00 Wib setelah Doa bersama dari Posko Covid-19 Jalan Merdeka.

“Semua usaha akan di tindak tegas bila melanggar surat edaran Walikota dan akan menutup usaha tersebut untuk sementara bila terdapat peningkatan pasien yang terpapar covid-19,” ujarnya.

Operasi Gabungan PPKM, menemukan banyaknya usaha yang belum sepenuhnya menaati surat aturan dan masih banyak yg berkerumun, tapi dengan sigap Tim langsung menyampaikan pada pengusaha untuk bekerjasama dan segera menutup usaha dan menyuruh Pengunjung kembali kerumah masing-masing, untuk menghindari kerumunan.

Koordinator Tim I Kabid Trantibum Satpol PP Pematangsiantar Mangaraja Nababan, mengatakan, Operasi PPKM berbasis Mikro selesai dilaksanakan sekitar pukul 23.30 Wib dengan hasil, bahwa masih banyak usaha-usaha yang buka usahanya dan belum melaksanakan Surat Edaran Walikota.

Menanggapi laporan dari tim tersebut, Drs. Robert Samosir menegaskan Satgas Covid-19 Kota Pematangsiantar bersama Satpol PP kota Pematangsiantar akan terus melaksanakan Sosialisasi dan penyebarluasan Surat Edaran Walikota Nomor 440/2440/V/2021 kepada seluruh pelaku usaha agar nantinya ketika Operasi seperti ini dilaksanakan tidak menemukan lagi usaha-usaha yg masih beroperasi.

Kasat Pol PP Robert Samosir juga mengatakan, Operasi ini akan berlanjut sampai dengan tanggal 31 Mei 2021, sehingga para pelaku usaha di harapkan untuk bekerja sama dan sama sama bekerja untuk pencengahan Penyebaran virus-19 di Kota Pematangsiantar.

Di tempat terpisah Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Pematangsiantar, Drs. Daniel Siregar menyampaikan terima kasih kepada Tim Operasi Gabungan yg telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat kota Pematangsiantar dan Pelaku usaha Khususnya yang telah melaksanakan Surat Edaran Walikota dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Drs Daniel Siregar Juga mengajak masyarkat untuk tidak kendor dalam melaksanakan aturan-aturan yang ada tentang covid-19. Dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan di air mengalir dan menghindari kerumunan. Inc.ril.R.01