Noton TV Terlalu Lama Bisa Menurunkan Kesuburan Sperma

{foto : ilustrasi-ist)

Intainew.com: Menurut beberapa pakar kesehatan, dampak menonton televisi terlalau lama bisa berbahaya bagi kesehatan, diantaranya bisa mmenurunkan kualitas sperma.

Bagi para pria khususnya, terlalu banyak menonton televisi bisa menjadi ancaman tersendiri bagi kesuburannya, terutama jika durasi secara monoton dan rutin setiap hari.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 189 partisipan pria, mereka yang menonton televisi lebih dari 20 jam setiap minggu hanya memiliki sperma subur berjumlah setengah dari kelompok yang jarang menonton televisi.

Sebaliknya, semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan pria, maka semakin baik pula kualitas spermanya. Mereka yang terbiasa berolahraga lebih dari 15 jam seminggu memiliki sperma yang jumlahnya 73 persen lebih banyak dari nilai normal.

Untuk mengatasinya, daripada lebih banyak duduk dan berdiam diri menatap layar televisi, lebih baik isilah waktu luang dengan aktivitas fisik.

Tak perlu repot ke gym, cukup dengan menjadi lebih aktif di rumah dengan kegiatan seperti menyapu, mengepel, atau bersih-bersih rumah.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah memilih naik menggunakan tangga daripada eskalator atau lift. Terlihat sederhana, tapi dapat berpengaruh besar pada kesehatan tubuh Anda.

Tidak bisa dipungkiri, banyak informasi, pengetahuan, dan hiburan yang bisa diperoleh dari menonton televisi, tetapi pola yang dilakukan untuk menonton bisa diatur secara lebih efektif dan bernilai. (Dilansir dari Klikdokter.com). Inc-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *