Musrenbang RKPD Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Tahun 2021

Toba-Intainew.com :

RAPAT koordinasi (rakor) tentang penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba tahun 2021 dilaksanakan, Selasa (02/08/2021) di Aula Kantor Camat Laguboti.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut, Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus, mengatakan Pemerintah Kabupaten Toba ,sesuai dengan visi pada rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk Mewujudkan Toba yang Unggul dan Bersinar tahun 2026” dengan mengusung 5 program -Panca program.

Diantaranya, Pembangunan Infrastruktur bagus dan merata, Sumber daya manusia unggul dan handal, Kesehatan yang prima dan terjangkau, Pariwisata berkah dan meriah, dan Pertanian dan peternakan makmur dan sejahtera.

Sebelumnya Bupati Poltak yang didampingi Wakil Bupati Toba,Tonny M. Simanjuntak menyebutkan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, bahwa penyelenggaraan Musrenbang RKPD di Kecamatan yang dilaksanakan oleh Camat bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Desa Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan.

Senjutnya, membahas dan menyepakati kegiatan Prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat Daerah Kabupaten.

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus juga memberikan arahan hasil musrenbang tersebut, menjadiakn Toba unggul dan bersinar, serta menerapkan (dalihan natolu) somba marhula hula ( hormat sama tondong ), elek marboru (lembut kepada boru), manat mardongan tubu ( jangan merasa curiga bersaudara)

Yang mana bertujuan menjadikan Visi dan Visi memajukan pembangunan disetiap desa ataupun perangkat desa, yag menjadikan adat Batak Toba Naraja Namaradat, ” itulah yang harus diterapkan kepada masyarkat desa untuk menciptakan Toba yang unggul dan bersinar,” Tutup Bupati.

Turut hadir unsur Forum kominikasi pimpinan camat Laguboti, Kepala Bappeda Toba James Silaban, Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak dan sejumlah pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Setelah sesi tanya jawab , Bupati Poltak Sitorus dan Wabup Tonny M.Simanjuntak dan rombongan melanjutkan kunjungan kerja menghadiri Musrenbang Kecamatan Sigumpar dan Kecamatan Silaen. Inc.TIM