Masker dan Bau Mulut

(Foto-ist)

Intainew.com : Masalah bau mulut merupakan kasus yang tak pernah habis dihadapi oleh semua orang, oleh sebab itu masalah tersebut tidak bisa dianggap sepele, karena akan mengganggu penampilan kita.

Banyak cara dilakukan untuk mengatasi bau mulut tersebut, diantaranya dengan menjaga kualitas mulut sebagai sumber penyebar bau tersebut.

Jika selama ini banyak dilakukan orang dengan mengemut permen atau menjaga kebersihan gigi dan menjaga jarak jika berbicara dengan orang lain, tetapi saat ini mengenakan masker menjadi tren apalagi jika dikaitkan dengan wabah Covid – 19.

Jika biasanya menggunakan masker hanya untuk menghalau debu, saat ini sudah menjadi semacam ‘kewajiban’
dan itu tidak terbantahkan.

Berkaitan dengan itu, beberapa orang justeru menganggap bahwa masker yang mereka kenakan menyebabkan bau mulut atau infeksi pada gigi mereka. Benarkah masker menjadi penyebabnya?

Dikutip dari Kantor Berita Antara. para pakar kesehatan gigi membantahnya. Menurut mereka, saat ini tidak ada bukti yang menyatakan masker bisa menyebabkan masalah pada gigi termasuk bau mulut.

“Tidak ada bukti memakai masker menyebabkan atau memperburuk penyakit gigi. Jika ini benar-benar masalah, dokter gigi dan penyedia layanan kesehatan lainnya akan mengalami peningkatan penyakit dan masalah gigi, dan itu belum dilaporkan,” kata dokter bedah gigi, Steven Barefoot dari klinik DentaQuest seperti dilansir dari Medical Daily, Minggu.

Dokter Weiner dari Envy Smile Dental Spa di New York City juga membantah masker bisa menimbulkan risiko kesehatan gigi. Dia mengatakan, “Saya dapat membuktikan fakta menghirup karbon monoksida yang kita keluarkan kembali ke paru-paru dan mulut bukanlah yang terbaik untuk gigi kita, tetapi masker tidak menyebabkan bau mulut.”

Menurut dia, masker justru membuat Anda lebih menyadari jika Anda ternyata memiliki bau mulut.

Hal senada juga disampaikan dokter Jared Cox dari Today’s Family Dentistry di Searcy, Ark. Dia menuturkan, masker dapat mengungkapkan Anda tak cukup membersihkan mulut dan meningkatkan kesadaran Anda untuk lebih memperhatikan perawatan mulut setiap hari.

“Jangan salahkan maskernya. Bertanggung jawablah atas kesehatan Anda,” tutur dia. Inc-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *