Kementerian Agama Kota Siantar Sembelih 4 Ekor Lembu

Siantar-Intainew.com :

HARI RAYA IDUL ADHA 1442 H yang lajim disebut hari raya qurban, Kementerian Agama Kota Pematangsiantar kembali melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 4 ekor lembu, Rabu (21/07/21).

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada pukul 08.00 wib, disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar, Drs. H. M. Hasbi, MH bersama Kasubbag TU dan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Maranaik Hasibuan, S.Ag, MA dan Panitia qurban.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Siantar mengatakan ibadah qurban merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Kota Siantar.

Hasbi juga mengungkapkan Qurban bagi umat islam adalah ungkapan syukur kepada Allah S.w.t atas limpahan rezeki yang diberikan serta menanamkan rasa kebersamaan dan saling berbagi.

Berqurban seperti menyucikan diri dan harta kita, memberi rasa kasih sayang dan peduli terhadap sesama bisa kita tumbuhkan dan tunjukan di hari idul Adha ini, ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Maranaik Hasibuan, S.Ag, MA, mengatakan, Hikmah yang bisa dipetik di hari raya Idul Adha dari cerita Nabi Ibrahim As, Artinya, kita mesti siap untuk berqurban demi kebahagiaan orang lain karena kebaikan adalah ciri khas umat Muslim.

Maranaik juga menjelaskan, kata Qurban diambil dari bahasa arab, ya khoroba ya krobu artinya mendekati diri kepada Allah, irentasinya mencakup deminsi pertikal dan orizontal, hablum minallah hablum minannas.

Mereka yang berqurban, atau peserta qurban sudah semestinya lebih mendekati diri kepada Allah s.w.t dengan membuang sifat-sifat hewaniah.

Selanjutnya Maranaek mengutip surat al a’raf 7 ayat 179, yang mana kebanyakan jin dan manusia diciptakan untuk isi Neraka jahanam.

“dan sesungguhnya (Kami jadikan) Kami ciptakan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati tetapi tidak dipergunakan untuk memahami ayat-ayat Allah) yakni perkara hak (dan mereka mempunyai mata tetapi tidak dipergunakannya untuk melihat tanda-tanda kekuasaan Allah) yaitu bukti-bukti yang menunjukkan kekuasaan Allah dengan penglihatan yang disertai pemikiran (dan mereka mempunyai telinga tetapi tidak dipergunakannya untuk mendengar ayat-ayat Allah) ayat-ayat Allah dan nasihat-nasihat-Nya dengan pendengaran yang disertai pemikiran dan ketaatan (mereka itu sebagai binatang ternak) dalam hal tidak mau mengetahui, melihat dan mendengar (bahkan mereka lebih sesat) dari hewan ternak itu sebab hewan ternak akan mencari hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya dan ia akan lari dari hal-hal yang membahayakan dirinya tetapi mereka itu berani menyuguhkan dirinya ke dalam neraka dengan menentang (mereka itulah orang-orang yang lalai)” (QS. Al-A’raf 7: Ayat 179)

Lebih lanjut Maranaik mengatakan, ibadah qurban yang dilaksanakan untuk meningkatkan nilai2 Humaniora atau kemanusiaan dengan berbagi kepada sesama , dengan demikian kesolehan pribadi dan sosial dapat tercapai melalui ibadah qurban,” sebut Maranaik Hasibuan, S.Ag, MA.

Selain itu Maranaik juga mengatakan, untuk HARI RAYA IDUL ADHA 1442 H tahun  2021 ini, pegawai Kementerian Agama Kota Pematangsiantar menyembelih empat ekor lembu, yang di salurkan kepada seluruh pegawai dan masyarakat umum.

Jumlah yang diberikan kepada masyarakat umum di sekitar sebanyak 150 kupon, untuk pegawai lingkup Kantor Kementerian Agama Kota Pematang Siantar sebanyak 100 kupon. Inc. Red-01