Kadis Perkim Batu Bara Bedah Rumah Warga

Kadis Terukim Batubara, Norma Deli, melihat rumah warga yang sudah dibedah.foto/Ist.

Batubara-Intainew.com : Dalam kurun waktu dua tahun, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) mengklaim sudah berhasil melakukan bedah 505 unit rumah warga tak layak huni (RTLH) di Batubara.

Hal itu disampaikan Kadis Perkim Batubara, Norma Deli Siregar kepada medanmerdeka.com, Selasa (11/8/2020) disela-sela kunjungannya meninjau salah satu rumah yang usai dibedah sehingga menjadi rumah layak huni.

Dijelaskan Norma Deli, kunjungannya untuk melihat lebih dekat 9 unit rumah yang sudah dibedah dengan menggunakan anggaran APBD Batubara. “Kita turun untuk melihat lebih dekat, sekaligus berinteraksi dengan penghuni rumah,”

Selama tahun 2019, Dinas Perkim Batubara menyelesaikan bedah rumah 222 unit yang tersebar di 12 kecamatan. Kemudian dilanjutnya tahun 2020 sebanyak 283 unit. Selanjutnya dalam P-APBD 2020 akan diselesaikan banyak 77 unit lagi.

Penggunaan anggaran bedah rumah yang bersumber dari APBD Batubara dilakukan secara transparan dengan rincian masing-masing Rp15 juta, terbagi dua kategori yakni Rp12,5 juta untuk biaya bangunan dan RP2,5 juta ongkos tukang.

Adapun criteria penerima bantuan stiumulan perumahan swadaya (BSPS) , yaitu rumah tak layak huni dengan sertifikat tanah hak milik, berpenghasilan rendah, berkeluarga dan siap berswadaya dalam bentuk tenaga, bahan dan biaya.

Sebagaimana komitmen Bupati Zahir, sambung Norma Deli, bedah rumah tak layak huni menjadi prioritas utama demi terwujudnya Batubara yang aman dan sejahtera.

Salah seorang warga penerima bantuan, Supinah (68) mengucapkan terima kasih atas perhatian Bupati Zahir terhadap keluarganya. Dengan adanya bantuan bedah rumah, Supinah dan keluargnya merasa sudah nyaman beristirahat siang dan malam.

Nenek Supinah (86), salah seorang warga penerima bantuan bedah rumah menyampaikan puji syukur atas bantuan Bupati dan warga sekitar sehingga rumahnya telah selesai dibangun.Inc-Tim