Kadis Kesehatan Labura Canangkan Vaksinasi Jurnalis 

Labura-IntInew.com :

DINAS Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Utara kembali menggelar Pencanangan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 terhadap ASN, TNI/POLRI,OPD, Pelayan Publik dan Pekerja Jurnalis (Wartawan) yang bertugas di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Menurut Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Labuhanbatu Utara dan juga sebagai Kepala Bidang P2P pada Dinas Kesehatan Kab Labuhanbatu Utara dr Mimi Handayani Nasution diruang kerjanya Kamis (4/3/2021) kepada POL menyampaikan bahwa pencanangan vaksinasi Covid-19 ini berlangsung sekira Kamis (11/3/2021) di Puskesmas Aek Kanopan.

Selanjutnya dr Mimi juga menyampaikan selain ASN baik TNI/POLRI vaksinasi ini juga ditujukan kepada para petugas pelayan publik diantaranya Anggota DPRD, karyawan PTKAI,Kantor Pos, karyawan Bank baik Swasta, para pedagang di pasar Aek Kanopan, para karyawan dan Pengolah minimarket yang tersebar di sekitar Aek Kanopan.

Saat berjalannya Vaksinasi Covid tahap II idi Aek Kanopan sekaligus juga berlangsung Vaksinasi Covid massal di seluruh Kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu Utara yang dilaksanakan di Paskes (pasilitas kesehatan) seperti di setiap Puskesmas,Balai Kantor Camat dan Balai Desa. Pelaksanaan Vaksinasi ini berlangsung selama 6 hari kerja untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Utara dr Saodah Nasution sebagai Pimpinan Pencanangan Vaksin Covid-19 mengatakan, pelaksanaan Vaksinisasi I (pertama) pihaknya menerima Vaksinasi dari Pemerintah Pusat sebanyak 3.360 vaksin. Ini bertujuan untuk transmisi melindungi masyarakat dari perkembangan Virus Corona-19 di Kabupaten Labuhanbatu Utara pada pencanangan Vaksinasi I di Aula Ahmad Dewi Syukur Kantor Bupati Kab Labuhanbatu Utara (5/2/2021)

“Vaksinisasi ini dilakukan dalam 4 (empat) tahapan,” katanya.

Pertama, vaksinisasi terhadap para Tenaga Kesehatan (nakes)yang bekerja di Kabupaten Labuhanbatu Utara, baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Syarat yang ditentukan bagi penerima Vaksinisasi Sinovac ini berusia 19-69 tahun.

Tahap ke 2 (dua) bagi aparat keamanan terdiri dari TNI-Polri yang bertugas di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Tahap ke 3 (tiga) bagi para tokoh-tokoh masyarakat dan tahap ke 4 (empat) vaksinisasi dilakukan kepada seluruh masyarakat. Jumlah keseluruhan masyarakat yang akan divaksin sebanyak 29.846 orang dan akan dilaksanakan selama 19 bulan hingga tahap ke 2.

Dalam pencanangan vaksinasi tahap 2 ini menurut dr Mimik sebanyak 180 Vial. 1 Vial untuk pemakaian kepada 9 orang. Maka jumlah yang di Vaksinasi 1620 orang. jika ternyata vaksin kurang maka pihak Pemkab melalui Dinkes Kabupaten Labura akan mengusulkan kembali.

Selanjutnya dari sebanyak 3.360 vaksi tahap I (pertama) yang dicanangkan oleh pihak Dinkes Labura atas penyampaian dr Mimik hingga hari ini total dosis 1 yang telah divaksin sebanyak 1581 orang dan untuk vaksin dosis ke 2 sebanyak 1230 orang. Maka yang belum divaksin untuk dosis ke 2 sebanyak 350 orang.

Selanjutnya Para Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Labuhanbatu Utara terdiri dari Dokter,Bidan, Perawat dan tenaga kesehatan yang bekerja di Pemkab dan Swasta maupun praktek dokter yang sudah di Vaksin dosis 1 sebanyak 1559 orang dan selanjutnya untuk dosis ke 2 sebanyak 1230 orang. Maka yang belum menerima vaksin dosis ke 2 sebanyak 329 orang.

“Pencapaian vaksinasi tahap 1 (pertama) hampir mencapai 100%,” ujar dr Mimi Handayani. Inc.Mjs