Kades Kanopan Ulu Dilaporkan, Terkait Pekerjaan Proyek Rabat Beton

Labura-Intainew.com : 

LSM Sentra Transformasi dan Transparansi Negeri (LSM Strategi) Kabupaten Labuhanbatu Utara melaporkan kepala Desa Kanopan Ulu ke inspektorat Labura.

Laporan tersebut ,bernomor, 225/01/LSM – SETRATEGI/I/2021 perihal adanya penyimpangan pada pekerjaan Rabat Beton di Dusun III Kampung Banyuwangi Panjang volume 290 Meter, Lebar 3,5 meter dan Ketebalan 20 cm yang kuat dugaan tidak menggunakan Besi Tikar dalam pengecoran proyek itu.

Kepala Desa Kanopan Ulu terkesan tertutup dan tidak transparan sesuai amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pasal 26 ayat (4).

“Kepala Desa berkewajiban melaksanakan prinsip tata pemerintah desa yang akuntabel, transparan, professional, efektif, efisien, bersih serta bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme”, ucap Ketua LSM Strategi Labura Erwin Wijaya Marpaung, kepada wartawan, Sabtu (13/2/2021)

Dalam hal ini, LSM Strategi meminta Inspektorat agar segera melakukan langkah-langkah pemeriksaan/penyelidikan terkait dengan adanya laporan pengaduan awal dan penemuan indikasi dugaan kerugian keuangan Negara dari hasil investigasi secara tuntas, tanpa tebang pilih bagi oknum Kepala Desa Kanopan Ulu yang terkait kegiatan Proyek Rabat Beton Desa Kanopan Ulu dengan dugaan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum.

Selain itu, kata Erwin, menerapkan Hukum sesuai dengan ketentuan dan perataturan perundang-undangan dengan tetap konsisten terhadap setiap orang yang diduga melakukan tindakan melawan hukum.

 

Segera Memanggil dan memeriksa Oknum Kepala Desa dan memeriksa siapapun yang diduga terlibat dalam dugaan Proyek Rabat Beton tidak sesuai dengan RAB tersebut, dengan tetap mengacu pada “azas praduga tak bersalah”

“Kami berharap agar pihak – pihak yang berkompeten yang dalam hal ini Bapak Plt Kepala Inspektorat Kabupaten Labuhanbatu Utara agar segera melakukan pemeriksaan/penyelidikan sesuai dengan kewenangannya”, pinta Ketua LSM Strategi.

Sedangkan Plt Kepala Inspektorat Nurrahman.S.sos ditemui wartawan intainew.com Senin (15/2/2021) saat menyerahkan laporan LSM Setrategi diruang kerjanya, mengatakan, ” Dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan pemeriksaan khusus terkait adanya dugaan penyimpangan pekerjaan Rabat beton Desa perk. Kanopan Ulu dengan adanya laporan masyarakat melalui LSM SETRATEGI ini,” Ujarnya.

Selain itu,menurut Nurrahman, masalah ini secepatnya akan kita Croscek tentang rabat beton tersebut pungkasnya mengakhiri tanggapannya. Inc.Mjs