Jenis-jenis Herbisida yang Ampuh Untuk Membasmi Rumput Belulang

Labura-Intainews.com :

RUMPUT BELULANG atau lelulang, rumput yang tidak mudah untuk dibasmi, bahkan rumput Belulang (lelulang) tumbuh begitu cepat, jika tidak segera dikendalikan dalam satu musim, rumput lelulang (Eleusine indica) ini tumbuh bisa memenuhi seluruh lahan, dilahan tanaman cabai, jagung, dan kacang hijau.

Kerana pertumbuhannya begitu cepat, petani kewalahan untuk membasmi keluarga rerumputan ini. Untuk mengatasi belulang salah sorang petani di Dusun Tanjung Sari 1 Desa Tanjung Pasir Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, berbagi pengalaman dengan wartawan intainew.com, Minggu (14/3) sekira pukul 09.00 Wib.

Menurut Rahmat, sudah berbagai jenis herbisida pernah dicoba untuk membasmi rumput lulangan, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

“Berbagai herbisida telah saya gunakan, baik herbisida kontak maupun sistemik. Namun tidak satupun herbisida mampu membunuh rumput setan ini (saking bandelnya disebut rumput setan-red),” ungkapnya.

Karena susah di basmi, Rahmat mencoba menggunakan herbisida kontak dengan dosis 200 cc/tangki 16 liter. Dan saya tambah dengan 2 sendok makan deterjen, dengan asumsi deterjen sebagai perekat. Harapannya rumput Lulangan bisa mati, mungkin saja jika ada perekatnya larutan herbisida akan menempel dan meresap dengan baik. eksperimen menuai hasil rumput lulangan mati.

Sayangnya keberhasilan membasmi rumput Belulang hanya rumput Belulang yang muda, itupun hanya sebagian kecil. Yang lainnya tetap segar bugar, hanya sedikit gosong di tepi-tepi daun mudanya. Bahkan tidak ada efek apa-apa terhadap rumput lulangan yang tua,” tambah Rahmat.

Namun Rahmat tidak berputus asa, kemudian mencoba lagi menggunakan 3 campuran, yaitu 2 jenis herbisida dan deterjen bubuk. Herbisida yang saya gunakan adalah herbisida kontak berbahan aktif Paraquat Diklorida yang saya campur dengan herbisida sistemik selektif berbahan aktif Diuron 80%. Hasilnya sangat memuaskan, rumput belulang/lulangan mati. Baik rumput lulangan muda maupun tua semuanya mati (Lihat Gambar).

Menurut Rahmat, cara ampuh membasmi rumput belulang, dengan ramuan dan dosis penggunaan dan waktu penyemprotan, Per tangki sprayer 15-16 liter : 100 ml Paratop + 2 sendok makan Amcoron + 2 sendok makan Deterjen bubuk, ” waktu penyemprotan, Pagi atau sore hari. Penyemprotan disiang hari atau disaat matahari terik kurang bagus,” menurut Rahmat.

Rahmat juga mengatakan, Herbisida sistemik selektif berbahan aktif diuron ada yang berbentuk cair dan tepung, tetapi Rahmat belum pernah mencoba yang berbentuk cair.

“Kalau anda ingin bereksperimen, silahkan saja,” ujar Rahmat.

Menurut Rahmat campuran yang disemprotkannya sudah teruji, belulang/lulangan disemprot dari 14 jenis herbisida diatas yang pernah saya gunakan, 100 cc Paratop + 2 sdm Amcoron + 2 sdm Deterjen bubuk / tangki 16 liter, 100 cc Amcoxon + 2 sdm Amcoron + 2 sdm Deterjen bubuk / tangki 16 liter, dan 120 cc Starquat + 2 sdm Amcoron + 2 sdm Deterjen bubuk / tangki 16 liter.

Dari ketiga campuran yang pernah saya gunakan diatas hasilnya sama-sama bagus, kalaupun ada 1 atau 2 rumput yang tidak mati itu wajar. Mungkin karena penyemprotannya saja yang tidak rata. Tiga hari setelah aplikasi sudah mulai kelihatan reaksinya, rumput lulangan mulai menguning. Tujuh hari setelah aplikasi rumput lulangan sudah mati (Lihat gambar 2 dan gambar 3, rumput lulangan mati 7 hari setelah penyemprotan).

Jika masih ada yang belum mati penyemprotan bisa diulangi sekali lagi. Untuk menghemat penggunaan herbisida sebaiknya rumput belulang/lulangan segera dibasmi sebelum berbunga.

Demikian tentang caara Ampuh Membasmi Rumput Belulangan/ Lulangan dan Hebisida untuk Lulangan,” Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, tutup Rahmat. Inc.ML