DR Iwan di Masjid Raya Miftahul Iman, Jangan Perdebatkan Masalah Sholat

Para jamaah Masjid Raya Miftahul Iman khusuk mendengarkan ceramah agama yang disampaikan Ustad DR Iwan Nasution MPdI. (Foto/Karyadi Bakat SE)

Medan-Intainew.com :

Al USTAD DR IWAN NASUTION, MPdi mengatakan, sesama muslim tidak ada gunanya memperdebatkan masalah Sholat, tetapi mari masing masing menunaikan kewajiban tersebut sesuai syariat Islam.

“Di era seperti saat ini sudah tidak jamannya lagi saling berdebat soal Sholat, tapi yang paling penting, sudahlah kita sholat,” kata Al Ustad DR Iwan Nasution MPdI dalam satu kesempatan seusai menyampaikan ceramah agama pada pengajian Minggu (08/08/2021) usai sholat subuh di Masjid Raya Miftahul Iman Jalan Panglima Denai Medan.

Menurut Ustad, masih banyak beda pendapat tentang Sholat dan masing masing berargumen dengan keyakinannya, padahal itu tidak penting jadi perdebatan, asalkan dalam sholat tersebut kita melakukan sesuai aturan seperti rukun yang ada.

Dalam riwayatnya Nabi Muhammad Rasulullah Saw tidak pernah menambah atau mengurangi masalah perintah shalat, rukunnya sesuai dengan perintah Allah SWT.

Jadi jelasnya perintah shalat adalah kewajiban bagi setiap orang muslim terutama. Dalam kondisi apa pun sesuai dengan kemampuan masing-masing umat Islam.

“Intinya, Allah tidak pernah mempersulit umat untuk melaksanakan kewajibannya,” tegas Ustad Iwan yg juga seorang pendidik di UIN Sumut tersebut.

Hati hati Medsos

Semakin meningkatnya teknologi informasi saat ini, maka semakin banyak pula tempat untuk kita belajar, terutama melalui internet yang setiap saat bisa dilakukan melalui tangan masing masing.

Itu merupakan anugerah dari Allah yang patut kita syukuri, yang penting dalam prakteknya tidak menyalahi aturan main, terkait ajaran apapun. Tempatkan porsi diri kita dengan semangat beramal dan beribadah.

Hati hati juga, lewat media sosial berbagai informasi bisa masuk begitu saja, jika tidak disaring secara benar akan membuat umat muslim saling berbeda pendapat, oleh sebab itu tanyakan kepada orang yang tahu tentang permasalahan yang timbul, sebut Ustad.

Pengajian yang membahas masalah umum tentang Sholat tersebut berlangsung hidup dengan tanya jawab, dipandu oleh Imam Besar Masjid Raya Miftahul Iman, Ustad M Ridwan Harahap MPdI.

Pada bagian akhir Ustad DR Iwan Nasution mengingatkan, jangan mentang mentang sering masuk televisi dan viral di medsos, pendapat seorang ustad dijadikan landasan berpikir, tanpa mau menerima pendapat dari para ulama yang lain.

“Sungguh ini pemahaman sempit yang bisa membahayakan,” katanya. Inc.Red.01