Dinas Kesehatan Labura Gelar Operasi Mata katarak Gratis.

Labura-Intainew.com : Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H.Kharuddinsyah sitorus,SE membuka Pelaksanaan Operasi mata katarak Gratis secara langsung simbolis di RS Persiapan Aek kanopan Jalan Jendral Sudirman Kecamatan, Kualuh Hulu, Jum’at (16/10/2020) Pukul 08.00 Wib.

Bupati Labura H. Kharuddinsyah sitorus dalam sambutannya menyampaikan sejak saya jadi Bupati Operasi Katarak Gratis ini sudah terlaksana sebanyak 8 kali yang bersumber dari APBD Kabupaten Labuhan batu utara terkhusus buat orang orang-orang tua kami yang tidak mampu. Ujarnya.

Kharuddinsyah juga menjelaskan jika ada ibu dan Bapak yang datang dari jauh belum ada tempat untuk menginap, saya selaku Bupati mempersilahkan tempat untuk menginap dirumah Dinas Bupati.

“Sudah selayaknya saya melayani ibu dan bapak sekalian karena saya di pilih oleh masyarakat serta bermanfaat bagi orang lain dan masyarakat banyak,” Ucapnya.

Diselah itu Kharuddinsyah Sitorus, juga berpesan kepada peserta yang ikut dalam operasi katarak untuk tetap mengikuti Protokol kesehatan dimasa pandemi Covid -19, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan.

“Perokes harus di terapkan, karena Labura sampai saat ini status positif sudah 67 orang dan meninggal 7 orang,” kata Khairuddinsyah.

Kadis Kesehatan dr. Saodah Nasution saat dikonfirmasi Wartawan mengatakan jumlah Peserta Operasi katarak nanti ada 110 orang, dengan kriteria penerima Operasi mata katarak Gratis tergantung diagnosa mata, setelah proses screaning serta kondisi kesehatan.

“Peserta juga dalam keadaan sehat dengan kata lain tidak memiliki riwayat Gula, Darah tinggi dan Kolesterol baru bisa masuk kategori penerima operasi gratis ini, kemudian akan dilakukan operasi,”kata Kadis kesehatan dr. Saodah.

Sementar, Zulkarnain,SKM Kabid Yankes menjelaskan kegiatan ini rutin dilakukan oleh Dinas Kesehatan setahun sekali, sudah berlangsung kurang lebih selama 8 tahun.

“Hari ini masih dalam tahap pemeriksaan dan screaning semoga kegiatan ini bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat kurang mampu dalam hal biaya perobatan,”terangnya Zulkarnain. Inc.Mjs.