Dikritik LSM LPPN, Polsek Pulo Raja Lansung Berikan SP2HP Kepada Pelapor

Asahan-Inrainew.com :

SURAT TANDA PENERIMAAN LAPORAN (STPL) dengan nomor : STPL/46/V/2022/SU/Res Ash/Sek P. Raja, tertanggal 29 Mei 2022, dengan perkara penganiayaan, telah melalui tahap gelar perkara di Polres Asahan, dan telah naik ketingkat proses penyelidikan ketingkat penyidikan yang dibuktikan dengan telah diterimanya Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) dengan nomor : K/56/VI/2022, tertanggal 15 Juni 2022.

Seperti diberitakan sebelumnya, dipemberitaan “Bangkit Hasibuan Ketua DPD LSM LPPN, Minta Kapolres Asahan Copot Kapolsek Pulau Raja,” sebagaimana yang telah diberitakan, dia (Bangkit Hasibuan-red) mengkritik lambatnya proses kinerja pejabat kepolisian di Mapolsek Pulau Raja, atas Laporan Polisi (LP) nomor : LP/46/V/2022/SU/Res Ash P Raja, tanggal 29 Mei 2022, perkara penganiayaan, Armi Syahputra (25) yang terjadi (27/5/2022) sekira pukul 21.30WIB, di Dusun IV Ledong Timur, terlapor Jumanto (47) warga Dusun V Ledong Barat, Asahan.

Sekedar untuk mengingat, sebagaimana yang paparkan ibu Korban kepada wartawan waktu pelaporan, Armi Syahputra (25) yang didampingin ibunya, Sulasmi (44) mendatangi Mapolsek Pulau Raja, Sabtu (28/5/2022) dini hari sekitar 01.30 WIB.

Namun, sampainya di Mapolsek Pulo Raja mereka disebutkan ibu korban, mereka diacuhkan pihak pejabat kepolisian disana, hanya diarahkan untuk visum di Puskesmas terdekat, tanpa membawa surat pengantar apapun dari polisi.

Sayangnya dengan waktu yang tidak mendukung saat itu, keberadaan dokter tidak ada ditempat, kemudian mereka kembali mendatangi Mapolsek, ingin mempertanyakan tindaklanjut apa lagi yang harus mereka lakukan.

Namun, pelapor disuruh pulang tanpa dimintai keterangan, dan disuruh besok pagi datang lagi untuk melakukan visum.

Berlanjut pada pagi harinya, pihak pelapor melakukan visum. Setelah visum mereka kembali mendatangi Mapolsek Pulo Raja untuk meminta petunjuk langkah apa lagi yang mereka lakukan sebagai pelapor.

Lagi-lagi pihak pejabat polisi disana, menyuruh pelapor pulang dan datang kembali 2 hari lagi.

Merasa tidak memuaskan pelayanan yang dilakukan pihak kepolisian, pelapor menggandeng beberapa media dan LSM mendatangi Mapolsek Pulau Raja, Minggu, (29/5/2022) sekitar 09.30 WIB, pada saat itu laporannya baru diterima dan ditanggapi oleh piket pada saat itu. Inc.Mjs