Dayah Darul Ulumuddiniyah Peringati Maulid Akbar se-Aceh

Pimpinan Dayah Darul Ulumuddiniyah, Abuya Syeikh H.Abdussalam Ghaliby saat saat memberikan sambutan.foto/ist.

Abdya-Intainew.com : Pondok Pesantren Dayah Darul Ulumuddiniyah Gampong Rambong-Pisang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperingati Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad s.a.w, di Dayah Setempat Minggu 13/12/2020.

Pimpinan Dayah Darul Ulumuddiniyah Abuya Syeikh H. Abdussalam Ghaliby dalam sambutannya mengajak generasi muda baik itu santriwan & santriwati untuk tingkatkan belajar ilmu agama sehingga nanti dapat menghidarkan diri dari kebodohan dan memperkuat rasa cinta serta syukur kepada Allah s.w.t.

“Mudah -mudahan selamat Iman dan Islamnya juga tetap beramal menurut petunjuk guru. dengan betul dan jangan main-main dengan belajar,” singkat Abuya.

Selanjutnya ditempat terpisah Camat Kecamatan Setia RaIfin, S.Pd. SD menyebutkan, alhamdullilah panitia dimaulid akbar Nabi Muhammad s.a.w 27 rabiul Akhir 1442 H/13 Desember 2020 M sangat siap dan kompak begitu juga dengan musfika dan para keuchik (kepala desa-red) sehingga tradisi Maulid ke Rasulullah berjalan dengan baik didayah yang tercinta ini.

Seperti yang telah disampaikan oleh Abuya diceramah terkait dengan merobah akhlak atau moral yang jelek menjadi insan yang ‘abid, saleh dan mushlih yakni mampu melakukan perbaikan.

“Insya Allah pada hari ini terlihat masyarakat yang hadir semuanya mengunakan protokol kesehatan dengan baik.mudah-mudahan pimpinan pondok Pesantren Dayah Darul Ulumudiniyah diberi sehat selalu dan panjang umur oleh Allah s.w.t,” ucapnya.

“Semoga diberikan rahmad oleh Allah kepada panitia yang telah mempersiapkan acara Maulid Nabi besar Muhammad s.a.w di Dayah Darul Ulumuddiniyah hingga sukses,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan terimaksih dan selamat datang kepada tamu undangan, masyarakat, jama’ah baik dalam kabupaten Abdya maupun dari luar Provinsi Aceh yang telah meringankan langkah datang,” setiap langkah yang diayunkan, Insya Allah membawakan kita menuju ke surga nanti,” Ucapnya yang diaminkan tamu yang hadir.

Ia juga menghimbau,agar dalam beraktivitas sesuai protokol Covid 19 serbagikan Masker kepada warga dan jama’ah sekitar keramaian sehingga kita doakan bersama penyebaran wabah Covid 19 di wilayah Aceh khusus Abdya bisa secepatnya selesai.Pungkasnya.

Pantauan awak media,acara maulid akbar tersebut di hadiri, penceramah diantaranya,Walid Marhaban (Pimpinan Pesantren Raudhatul Muna Bakogan Aceh Selatan), Abu Syeikh Hasanoel Basri ( Abu Mudi) Pimpinan Dayah Mudi Mesra Samalanga Kababupaten Bireun,Tuan guru ruhul’ adham Syeikh Sultan Muda Hanaikan pane (Gayo luas) dan Abi Wahidin ( Pimpinan Dayah Nurul’Ala lhoknga Aceh Besar).

Diketahui, undangan lebih kurang 2000 orang, acara dimulai pagi jam 08.00 WIB s/d 12.00.WIB.dilanjutkan acara siang jam 14 .50 WIB s/d 16.00 WIB 1 Tawajjuh akbar Provinsi Aceh 2 Tausiah dan pada malamnya jam, 20.00 WIB s/d selesai dilaksanakan Ceramah Maulid Nabi Besar serta ditutup dengan Doa demikian pungkasnya. inc- Naz