Bupati Labura Membuka MTQ dan Festival Seni Qasidah Ke-XII Tahun 2021

Labura-Intainew.com :

PEMBUKAAN MTQ Ke XII dan Festival Seni Qasidah Ke XIII di Labuhanbatu Utara tahun 2021 berlokasi di Lapangan Bola PT. Socfindo Kaki PT.Socfindo Kecamatan Aek Natas, Labuhanbatu Utara, digelar pada tanggal 19-23 Mei 2021, ditandai dengan Pemukulan Beduk.

MTQ dan FSQ tahun 2021 dengan tema “Melalui MTQ Ke XII dan FSQ Ke XIII kita wujudkan Kabupaten Labuhanbatu Utara hebat menuju iman qur’ani, cerdas, sejahtera, dan religius” resmi dibuka. Dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan peserta yang hadir dibatasi.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Labuhanbatu Utara MTQ merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka menjaring Qori dan Qoriah yang akan mengikuti MTQ ditingkat yang tinggi.

“Salah satu upaya umat manusia menjadikan Alquran menjadi fungsi dan giat dengan melaksanakan MTQ, karena MTQ selain menyiarkan agama islam tapi juga turut melestarikan ayat suci Alquran, sehingga Alquran dapat mudah dipahami dan diamalkan masyarakat sehari-hari”, Ucap Bupati.

Momentum pelaksanaan MTQ dan FSQ pada tahun ini dapat menjadi tonggak dalam rangka membina Qori dan Qoriah dalam membentuk kemandirian , tersusun dan terencana sehingga tim MTQ dan FSQ Labura dapat mengharumkan nama kabupaten Labura di tingkat provinsi maupun nasional.

Ketua DPRD Labura turut mendukung dalam pelaksanaan MTQ ke XII dan FSQ ke XII Labura. Indra menyampaikan melalui MTQ dan FSQ ini dapat meningkatkan kemahiran dan kecerdasan dalam melantunkan ayat-ayat Alquran, dapat meningkatkan ketaqwaan serta pehaman dalam isi Alquran dan melalui FSQ dapat melantunkan syair-syair islam berupa nasihat maupun petuah bagi masyarakat khususnya bagi generasi muda.

Adapun yang diperlombakan dalam MTQ XII tingkat Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2021 ini terdiri dari Mujawwad Dewasa dan Remaja, Mujawwad anak-anak, Tartil dan Tuna Netra, Qira’at Sab’ah, Tahfiz Al-Qur’an 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz, Tahfiz 20 Juz, 30 Juz dan Mufassir, Musabaqah Sahril Qur’an, Musabqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Qattil Qur’an, Musabaqah Makalah Qur’an dan Kaligrafi.

Sedangkan untuk Festival Seni Qasidah XIII yang diperlombakan adalah group seni qasidah remaja putra dan putri, serta bintang vokalis anak-anak, remaja dan dewasa putra-putri.

Turut dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, S.E , M.M, Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara H. Samsul Tanjung, ST., MH, Plt. Sekda Labura Suryaman, Ketua DPRD Labura H. Indra Surya Bakti Simatupang S.H., M.Kn, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan,S.I.K., M.H beserta istri, Kasdim 0209/LB, Kepala Kejaksaan Negeri Labuhanbatu Kumaedi, SH, Ketua Pengadilan Negeri Rantau Prapat H. Fauzi Isra, S.H., M.H, Seluruh OPD, Camat, Lurah, TP PKK Labura se- Kabupaten Labuhanbatu Utara. Inc.Mjs