Bupati Batubara Ziarah ke Makam Pahlawan

Bupati Batu Bara dan Forkopimda saat Ziarah Ke Makam Pahlawan.foto/Ist.

Batu Bara-Intainew.com : Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75. Bupati Batu Bara bersama Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), berziarah ke Makam Pahlawan, usai menghadiri Taptu/Ziarah di Makam Pahlawan Muhammad Jijen Bin Podung, Kobir Bin Umar dan Karen Sitohang, Minggu malam (16/8/2020) Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh.

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP bersama Forkopimda dan OPD menaburkan bunga sebagai tanda penghormatan atas jasa-jasa perjuangannya sekaligus berdo’a.

Zahir menjelaskan ketiga pahlawan tersebut gugur saat kontak senjata pada Agresi Militer Belanda ke-2, tanggal 14 Agustus 1947 sekitar pukul 10.00 WIB di area rel kereta api arah Blok 8 Limapuluh menuju Kisaran.

Sumber cerita tersebut berasal dari Letak Hasby Bin Thalib Gading selaku saksi sejarah yang masih hidup yang kini menetap di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Ketiga pahlawan tersebut sangat dihormati oleh masyarakat Kabupaten Batu Bara khususnya Masyarakat Simpang Dolok,”jelas Zahir.

Berziarah ke pemakaman, malam tanda bunyi panggilan prajurit sebagai tanda penghargaan, penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur di medan juang.

Dijelaskan Bupati Batu Bara, bahwa acara Taptu diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Batu Bara,”Akan diajukan juga pembuatan Taman Makam Pahlawan di Kabupaten Batubara,”ucap Zahir.Inc-Tim.