Bau Limbah RPH Menyengat, Warga Tong Marimbun Resah 

 

*Foto, kondisi tempat pemotongan hewan*

Siantar-Intainew.com :

LIMBAH rumah potong hewan (RPH) di Jalan Manunggal Jaya Kelurahan Tong Marimbun Kecamtan Siantar Marimbun membuat resah masyarakat.

Keresahaan masyarakat tersebut, karan limbah hewan yang dipotong di RPH, asal di buang oleh petugas pemotong hewan, ditambah tempat penampungan limbah di RPH sepertinya tidak berfungsi.

Salah seorang warga yg berisinal FS, Kamis (01/03/2021) saat di mintai keterangan oleh reporter intainew.com di seputar RPH, mengatakan, FS merasa sangat terganggu dengan Aroma bau busuk dan meminta instansi terkait untuk mencari solusi agar bau busuk tidak menebar dinlingkungan warga.

” Resah kami lae dengan adanya ini lae tiap hari kami mencium bauk limbah ini lae lihat lah ini lae limbah ini lae ada darah ada isi perut ada kotoran tai nya, saya disini jualan dan disini saya tinggal apa lagi kalau musim kemarau bauk nya minta ampun lae,” papar FS.

Bau yang menyengat sudah jadi sarapan rutin warga yang tinggal di seputar RPH, yang melebih miris limbah yang di buang ke sungai Simbolon, manjadi masalah baru bagi warga.

Dimana Air sungai mulai tercemar oleh limbah RPH, ini menjadi keluha masyarakat yang sehari hari mengunakan aliran sungai untuk mencuci pakaian, Mandi dan mencuci piring.

” Bagaimana lah kami ini lae ? apakah ini di diamkan aja air sungai ini masi ada yang kami pergunakan kebutuhan kami sehari hari, ” keluh yang disampaikan FS kepada
reporter intainew.com, sembari mengatakan tolong beritakan ini.

Selain limbah yang meresakan masyarakat seputar tempat pemotongan hewan itu, bangunan Rumah potong ini juga sudah terlihat memprihatinkan, baru dibangun belum mencapai umur ekonomis bangunan terlihat sudah retak disana sini, pondasi bangunan sudah roboh.

 

Sopsiteng tempat penampung limbah terlihat sudah tidak berpungsi, diperparah lagi selasar gedung sudah retak retak.

Ada dugaan bangunan RPH dikerjakan asal jad, warga meminta Instansi yang berwenang untuk segera periksa yang terlibat danah Pembangunan Rumah potong hewan Dinas Pertanian Peternakan Kota Pematangsiantar. Inc.Uk