Banjir Kembali Melanda Labura, Dua Dusun Terendam

Labura-Intainew.com :

CURAH HUJAN BEGITU TINGGI, tanggul di Dusun Pangamoan dan Kilang Samin jebol, sehingga merendam Desa Sialang Taji Kecamatan,Kualuh hulu,Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumut, pada Senin (15/11/2021).

Berdasarkan pantauan awak media, di lapangan, tanggul yang jebol berada di dua titik, yakni Dusun Pangomoan dan Kilang Samin. Ketinggian air yang sangat tinggi itu, mengakibatkan tanggul jebol.

Ketinggian debit air mencapai sekitar 1 meter hingga 1,5 meter sedangkan rumah yang terdampak banjir di perkirakan ratusan rumah termasuk rumah ibadah.

Selain banjir yang menggenangi perumahan warga di dua Kecamatan yakni Kecamatan Kualuh Selatan dan Kualuh Hulu, banjir juga menggenangi lahan perkebunan milik warga diperkirakan ratusan hektar.

Demi memperlancar mobilitas warga Desa Sialang Taji yang dibantu pemerintahan desa berinisiatif membuat jembatan darurat seadanya yang berbahan kayu dan pohon pinang, dibuat dengan lebar 1,5 meter dengan panjang 15 meter.

Saat di jumpai awak media, Bernandis Butar-Butar (30) mengatakan “Banjir mulai datang sekira pukul 05.00 wib, secara tiba-tiba sehingga membuat tanggul penahan jebol di dua titik, yakni di dusun pangomoan dan dusun kilang samin Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan.

“Jembatan darurat ini diharapkan bisa digunakan masyarakat, agar bisa dilewati kendaraan bermotor roda dua, jalan ini termasuk jantung perekonomian masyarakat dan juga akses jalan yang cepat menuju ibu kota Kabupaten Labuhanbatu Utara.,” kata Bernandis.

Dia juga mengatakan, Jembatan darurat ini menghubungkan Dusun Huta Baru ke Dusun Pangomoan Desa Sialang Taji Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Saat ini banjir masih bertahan dan sebagian warga sudah mengungsi ketempat sanak saudara yang rumahnya lebih tinggi menunggu banjir mulai surut, sedangkan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.Inc.Mjs