Badan Jalan Lintas Siantar-Parapat Tertutup Akibat Tanah Longsor

Simalungun-Intainew.com :

CURAH HUJAN begitu tinggi mengakibatkan tanah longsor menutupi bandan jalan lintas Siantar-Prapat, Dusun Soalan Desa Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun Kamis,13 Mei 2021 pukul 15.15 Wib.

Informasi yang dikumpul wartawan intainew.com, sekira pukul 13.30 wib terjadi hujan deras di seputaran Parapat dan Desa Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun.

Akibat derasnya air hujan mengakibatkan bongkahan batu, lumpur dan kayu turun dari hulu bukit menutupi badan jalan lintas Siantar-Parapat.

Tertutupnya badan jalan oleh bongkahan batu batu, lumpur dan kayu, lalu-lintas ditutup sementara. Kerugian yang diakibatkan oleh banjir dan tanah longsor tidaknada korban jiwa.

Terlihat Petugas Lalu lintas, Satlantas Polres Simalungun mengatur lalu-lintas di lokasi.

Untuk sementara, Satlantas Polres Simalungun mengalihkan lalu lintas dari arah Siantar melalui Simpang Palang Desa Pondok Buluh Kecamatan Dolok Panribuan, sedang dari Arah Parapat melalui Simpang Sitahoan Desa Sipangan Bolon Mekar Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Kejadian tanah longsor ini bukan kejadian pertama namun kejadian yang terus berulang disaat terjadi hujan deras.

Pada Pukul 17.45 Wib, Satuan Lalulintas Polres Simalungun memberlakukan buka tutup sementara untuk melancarkan lalu lintas mobil yang sempat terjebak di seputaran tanah longsor sedangkan lalu-lintas umum masih dari simpang Palang dan Simpang Sitahoan.

Untuk membersihkan tanah longsor, bongkan batu dan kayu yang terbawa arus banjir, telah diupayakan Menurunkan 1 unit alat berat Bloder dengan 2 unit Dum Truk untuk melakukan pembersihan bongkahan batu dan kayu. Inc.Uk.