ASN Bawaslu Toba Rangkap Jabatan, Dipertanyakan

Terlihat suasana kantor Bawaslu Toba yang terletak di Jalan DI. Panjaitan tepatnya dekat bundaran Balige.foto/On.

Balige-Intainew.com :

KALANGAN masyarakat pertanyakan Bawaslu Toba, pasalnya oknum ASN rangkap jabatan, apa tidak menyalahi aturan, bahkan disebut-sebut salah satunya oknum guru SMA N Balige.

Pertanyaan itu dilontarkan, Robert Pardede tokoh masyarakat Balige mempertanyakan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu)Toba yang rangkap jabatan.

Robert Pardede kepada Media mengutarakan ada beberapa ASN di Bawaslu Toba yang tidak jelas statusnya.
Pardede mengatakan ada apa Bawaslu ini.

Robert juga mengatakan, dirinya sering ngopi di kantin Bawaslu, tapi tidak mengetahui siapa bendahara Bawaslu Toba, yang lebih herannya lagi, lanjut Robert dengar kabar bendahara Bawaslu merupakan salah satu guru yang mengajar di SMA negeri 2 Balige.

“Apa itu tidak menyalahi, Begitu juga halnya dengan Koordinator sekretariat (Korset) Bawaslu Toba pegawai juga di salah satu Dinas Pemkab Toba ada apa ini sebenarnya,” kata Robert Pardede.

Selanjutnya Robert Paedede, mengasumsikan bagaimana seorang PNS bisa rangkap jabatan sudah pasti yang bersangkutan tidak maksimal dalam melaksanakan tugasnya.

Pardede mencontohkan kalau Guru seyogianya diberi tugas tambahan oleh kepala bukan di Instansi lain,”ini sangat mengherankan,” ucap Robert.

Saat hal ini dikonfirmasi Media Kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Toba berbagai jawaban muncul penuh tanda tanya.

Dimana Kepala BKD Kabupaten Toba, Kasten Panjaitan melalui Kepala bidang mutasi, Promosi dan Pangkat, Lorent Sianipar menerangkan seharusnya Korset (Koordinator sekretariat) Bawaslu Toba sudah seharusnya menempati dinasnya semula di dinas PUPR Toba.

“Ah…jadi masih begitu nya rupanya lae! Kekmananya Bawaslu ini. Padahal sesuai SK penugasan Seksianto Hutabarat sebagai pegawai di Bawaslu sudah berakhir dan secara otomatis harusnya yang bersangkutan sudah kembali lagi ke dinas PUPR,” kata Lorent.

Dikatakan Lorent pengusulan nama-nama pegawai negeri sipil dari Pemkab Toba yang diperbantukan di Bawaslu Toba selama ini sudah terlaksana, mengenai adanya PNS rangkap jabatan sebagai Guru di salah satu Sekolah SMA menjabat sebagai bendahara Bawaslu, Lorent mengarahkan agar konfirmasi kepada Kacabdis, SMA/SMK Provsu Balige yang berkantor di Tambunan.

“Coba bapak tanyak ke Kacabdis, sebab wewenang Guru SMA/SMK sudah diambil alih oleh Provinsi Sumatera Utara”,terang Lorent.

Terpisah ketua Bawaslu Toba, Romson Purba saat dikonfirmasi kepada Media mengutarakan pihaknya sudah menyurati Provinsi namun hingga saat ini belum ada jawabannya.

“Memang benar PNS Pemkab Toba selama ini diperbantukan disini (Bawaslu Toba-red) Korset dan bendahara,Jadi kita tunggulah kabarnya Lae”,kata ketua Bawaslu.

Sekedar diketahui Korset Koordinator sekretariat Bawaslu Toba, SH (Seksianto Hutabarat) dan RL (Resita Lubis) selaku bendahara dimana RL merupakan Guru sertifikasi sesuai dengan keterangan Kepala Sekolah, Aldon Samosir SMA 2 Balige dimana RL lingkup mengajarnya di SMA negeri 2 Soposurung Balige. Inc.On

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *