Pemerintah Kabupaten Toba Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.



Toba-Intainew.com |

UPACARA PERINGATAN hari lahir Pancasila, bertempat di Lapangan Sisingamangaraja Jl. Mulia Raja Kelurahan Napitupulu Bagasan Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara. Sabtu, 01 Juni 2024 mulai pukul 07.00 Wib sampai selesai.

Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus bertindak sebagai inspektur upacara, Komandan Upacara Danton 125/SMB Lettu Inf Agus Fajri, Perwira Upacara Danramil 17/Balige Kapten Inf B Siboro.

Pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang bertajuk "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045."

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus membacakan amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Bapak Yudian Wahyudi dalam sambutannya mengingatkan bahwa pada tanggal 1 Juni 2024 kita memperingati hari lahir Pancasila hari ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat

Sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak seluruh masyarakat dan komponen daerah, untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia maupun Kabupaten Toba akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya. Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa kita telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini membuktikan bahwa kita telah menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara.

Sementara itu, Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya SH, S.I.K. menyampaikan bahwa kehadirannya dalam upacara ini adalah bentuk komitmen Polres Toba untuk selalu mendukung dan menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Toba

“Polres Toba selalu siap menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek tugas dan pelayanan kepada masyarakat. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Kapolres.

Dengan peringatan Hari Lahir Pancasila ini, diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Toba dapat semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta bersama-sama menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dihadiri oleh Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya SH, S.I.K, Pabung Toba Kodim 0210/TU Mayor Arh AS Butarbutar, Sekda Kabupaten Toba Drs Augus Sitorus, Kapolsek Balige Iptu Slamet Pasaribu, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala SKPD dan seluruh Asisten Kabupaten Toba, Ibu Persik Kartika Cakra Kirana Balige, Ibu Bhayangkari Cabang Polres Toba, 1 Regu Anggota Koramil 17 Balige, 1 Regu anggota Kipan A-125 Yonif SMB / Sub Denpom, 1 Sst Anggota Polres Toba, Para Pelajar dan Ormas, OKP dan Parpol. Int.

Kepala Biro Toba : Parianna Hutagaol
Lebih baru Lebih lama