GEMMA Sumatera Utara Gelar Bakti Sosial


Medan-Intainew | Pimpinan Wilayah Generasi Muda Masjid (GEMMA) Sumatera Utara, menggelar bakti sosial kepada masyarakat sekitarnya berupa sunat massal, pemerikasaan dan pembagian kacamata baca secara gratis, dan pemeriksaan kesehatan. 

Ketua GEMMA Masjid Sumatera Utara Masdar Tambusai SAg mengatakan, kegiatan bakti sosial ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara dan berlangsung di halaman Masjid At-Tawwabin, Jalan Pimpinan Medan.

"Alhamdulillah bakti sosial ini kami laksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sumatera Utara dan menjadi kebanggaan bagi kami atas kegiatan ini, artinya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung penuh kegiatan ini, dengan menyediakan tenaga medis dan obat-obatannya. 

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan semoga ini memberikan manfaat bagi masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan secara rutin," ujar Masdar Tambusai dalam sambutannya pada kegiatan bakti sosial GEMMA Sumatera Utara, Jumat (29/12/2023) di halaman Masjid At-Tawwabin Jalan Pimpinan Medan.

Lebih jauh dikatakan mubalig muda ini, bahwa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan ini diikuti sebanyak 350 orang memeriksa mata, gula darah, kolesterol dan asam urat, serta 35 orang anak-anak peserta sunat massal.

"Kami terharu melihat antusias masyarakat yang datang di kegiatan ini, namun keterbatasan waktu dan tempat tidak bisa ditampung, namun begitu masyarakat yang datang tetap kita akomodir, ternyata masyarakat kita juga sangat peduli akan kesehatan dan kami berharap untuk selanjutnya kegiatan seperti ini akan kita lanjutkan secara berkala, hal terpenting tim dokter dari Dinas Kesehatan Sumatera Utara sangat profesional," ujarnya.

Sementara itu Dr Emir dari Dinas Kesehatan Sumatera Utara mengingatkan, agar masyarakat tetap menjaga kesehatan secara rutin, baik lewat Puskesmas maupun praktik dokter yang ada.

"Kami dari tim Kesehatan Provinsi Sumatera Utara sangat gembira digelarnya acara ini, sebab ini bagian dari edukasi kepada masyarakat agar tetap selalu memeriksa kesehatan secara rutin dengan cara melakukan pola hidup sehat, dan pemeriksaan kesehatan secara rutin, karena banyak hal yang kita tidak mengetahui adanya penyakit soft killer yang setiap saat bisa mengancam jiwa tanpa kita sadari," ujar Dr Emir memotivasi.

Perlunya pemeriksaan secara rutin, menurut Dr Emir sangat penting dan perlu diingat, agar kita mengetahui riwayat penyakit dan sebagai antisipasi, termasuk dalam menjaga pola makan dan hidup sehat.

"Program kesehatan merupakan agenda rutin Dinas Kesehatan Sumatera Utara dalam membantu monitoring dan evakuasi bagi pencegahan terjadinya penyakit di tengah masyarakat. Inilah upaya preventif yang kami lakukan di Dinas Kesehatan, dan memastikan kesehatan masyarakat kita dapat terpenuhi secara baik," ujarnya.

Kegiatan bakti sosial ini turut dihadiri tokoh masyarakat Medan Tembung Drs H Syahrul Harahap, anggota DPRD Medan Jaya Syahputra, unsur Muspika Kecamatan Medan Tembung, tokoh masyarakat dan pengurus GEMMA Sumatera Utara lainnya. * Int-MY/ril

Lebih baru Lebih lama